Bukan rahasia lagi bahwa katalog kini sedang booming. Tantangannya sekarang adalah merancangnya agar sesuai dengan perkembangan dunia pemasaran sekarang. Mendesain katalog tidak seharusnya menjadi sesuatu yang rumit. Namun, hal tersebut harus merupakan kombinasi dari pengetahuan Anda tentang pasar yang Anda tuju, serta kreativitas yang membuat produk dan layanan Anda menarik. Berikut adalah daftar beberapa tip desain katalog yang perlu Anda ketahui sebelum membuatnya.
Desain dan skema warna katalog cetak Anda harus sesuai dengan isinya.
Misalnya, katalog butik pakaian harus menggambarkan keanggunan, seperti emas, perak, dan gading. Di sisi lain, katalog mainan harus unik dan menyenangkan, dengan warna-warna cerah.
Jangan mencampur tipografi.
Gunakan satu atau dua font family, dan terapkan huruf tebal atau miring untuk menciptakan gaya berbeda yang selaras dengan baik. Sebagai aturan umum, gunakan paling banyak dua atau tiga font secara bersamaan. Misalnya, gunakan font slab atau serif untuk header jika Anda menggunakan font sans serif di paragraf. Jadikan penggunaan font Anda konsisten per bagian.
Foto adalah segalanya.
Katalog Anda harus menggunakan foto yang tajam dengan pencahayaan dan latar belakang (background) yang konsisten jika memungkinkan. Kami merekomendasikan 300 dpi untuk resolusinya. Pertimbangkan untuk menggunakan jasa fotografi profesional agar foto produk Anda tampil semenarik mungkin.
Berikan penekanan pada produk baru dan juga produk yang sedang dijual.
Di foto produk, berikan indikasi bahwa mereka adalah produk baru menggunakan starburst atau highlight. Menambahkan diskon juga akan menarik perhatian pelanggan terhadap produk baru tersebut.
Konsistenlah dengan desain Anda.
Katalog adalah peluang besar untuk branding. Pelanggan akan mengenali pola dalam desain produk, tata letak, dan warna, yang akan mereka kaitkan dengan bisnis Anda.
Meskipun konsistensi itu penting, konsistensi juga bisa menjadi monoton.
Coba variasikan desain katalog dengan menambahkan halaman unik, seperti gambar produk ukuran penuh atau konten bisnis yang relevan dengan produk Anda. Gunakan lipatan tengah jika diperlukan. Namun jangan berlebihan, atau tata letak Anda akan berantakan.

Pelajari cara menggunakan spasi saat menata produk Anda di halaman.
Halaman yang berantakan melelahkan untuk dilihat. Ruang putih memungkinkan pembaca untuk beristirahat sambil lebih menekankan pada setiap produk dibandingkan dengan sekelompok besar produk yang bersaing untuk mendapatkan perhatian.
Pertimbangkan jenis bahan yang akan Anda gunakan sebagai sampul katalog Anda.
Anda mempunyai dua pilihan—kertas yang lebih fleksibel atau stok kartu yang kaku. Kertas fleksibel mungkin lebih mudah dibawa dan diedarkan, sedangkan cardstock dapat melindungi katalog Anda dan membuatnya lebih tahan lama.
Tulis deskripsi produk yang menarik.
Deskripsi produk tidak hanya harus memberikan spesifikasi suatu produk, tetapi juga harus menarik pelanggan untuk membelinya. Informasi penting mencakup harga, bahan, dan jumlah. Tulis tip singkat tentang bagaimana pembaca dapat memanfaatkan produk Anda secara efektif.
Jaga agar katalog Anda tetap fokus.
Katalog biasanya terdiri dari 8 halaman atau lebih dengan kelipatan 4. Catatlah hal ini saat Anda memutuskan berapa banyak produk yang akan Anda sertakan dalam katalog Anda. Saat merencanakan berapa banyak halaman yang Anda gunakan, pertimbangkan bagaimana pembaca akan memandang jumlah produk per halaman dan secara keseluruhan. Terlalu banyak lini produk mungkin akan membuat pembaca kewalahan.
Kami harap Anda menyukai tip desain katalog kami. Siap mencetak katalog Anda? Hubungi marketing kami sekarang juga

