Layanan pencetakan tradisional telah berkembang menjadi pencetakan online, cara yang lebih sederhana, mudah, dan cepat dalam memproses pesanan pelanggan. Tidak perlu pergi ke perusahaan percetakan yang memiliki percetakan online. Pelanggan dapat dengan mudah mengunggah foto, merancang materi pemasaran, dan memesan brosur, spanduk, dan lainnya di situs web penyedia.

Checklist yang harus dipertimbangkan saat memilih Pencetakan Online

Jika Anda ingin mencoba percetakan online, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk membantu Anda memilih perusahaan percetakan online yang tepat.

Ulasan Pelanggan yang Bagus

Saat memilih perusahaan percetakan, pastikan untuk memeriksa ulasan pelanggan mereka. Ini dapat dengan mudah anda temukan di Google Place / Google Map. Bagaimana pelanggan memandang perusahaan mencerminkan layanan yang mereka berikan kepada klien mereka. Anda juga akan mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka karena ulasan pelanggan tersebut umumnya akurat. Jika perusahaan memiliki ulasan buruk, peringkat rendah, atau tidak ada ulasan sama sekali, harap berhati-hati. Juga, berhati-hatilah terhadap testimoni palsu. Periksa kembali kredibilitas ulasan atau apakah ulasan tersebut berasal dari pelanggan anonim.

Akses ke Sumber Daya Online

Salah satu keuntungan dari layanan pencetakan online adalah aksesibilitas sumber daya online mereka. Anda memerlukan perusahaan percetakan yang memungkinkan Anda menggunakan berbagai aset digital seperti logo, stok foto, atau salinan untuk membantu Anda membuat dan mendesain proyek. Menemukan perusahaan percetakan yang menawarkan templat desain yang mudah digunakan akan sangat membantu jika Anda seorang pemula. Menggunakan template akan sangat memudahkan dan menjamin bahwa kebutuhan Anda akan terpenuhi.

Unggahan Desain

Seperti sumber daya online, faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah perusahaan percetakan yang memungkinkan pengguna mengunggah desain mereka. Fitur ini memungkinkan merek menjadikan materi pemasaran mereka unik dan menonjol dari pesaing mereka. Perusahaan percetakan juga harus dapat mendukung berbagai jenis file, dari PDF, JPEG, PSD, dan TIFF hingga DOCX, DOC, XLS, PPT, PPTX, dan banyak lagi. Percetakan online juga harus menyediakan opsi untuk mencetak dalam model warna RGB atau CMYK.

Pemeriksaan Online

Beberapa perusahaan percetakan menyediakan layanan pemeriksaan online. Mereka mengirimkan file PDF yang dapat ditinjau dan disetujui pelanggan sebelum mengirimkannya ke produksi. Langkah ini mengurangi risiko kesalahan yang muncul dalam produksi dan membantu menyederhanakan proses penyelesaian.

Waktu Penyelesaian dan Pengiriman Cepat

Temukan printer online yang didedikasikan untuk menyediakan layanan cepat. Salah satu alasan pelanggan beralih ke pencetakan online adalah kenyamanan dan efisiensi. Saat mencari perusahaan percetakan terpercaya, pastikan mereka dapat memenuhi timeline Anda dan tidak ada pesanan Anda yang tertunda.

Harga di Muka

Apakah percetakan online transparan mengenai harganya? Perusahaan percetakan yang tidak transparan mengenai harga mereka terkadang menambahkan biaya tersembunyi untuk pengiriman, layanan tambahan, atau pengiriman. Menelepon atau mengirim email kepada perwakilan penjualan mereka untuk menanyakan setiap opsi, harga, atau layanan yang Anda butuhkan juga bisa memakan waktu terlalu lama. Ingatlah untuk memilih perusahaan yang mencantumkan harganya di situs webnya dan spesifikasi lengkap dari penawaran mereka (bahan, finishing, dll) saat checkout untuk menghindari miskomunikasi harga.

Layanan Pelanggan yang Sangat Baik

Pilihlah perusahaan yang memiliki customer support yang responsif dan ramah sehingga Anda bisa segera mendapatkan bantuan jika mengalami kendala saat melakukan pemesanan. Anda ingin mencari percetakan yang mudah dihubungi melalui telepon, email, chat, atau halaman media sosial. Customer Support yang profesional dapat membantu Anda memecahkan masalah dan menghemat waktu dan uang Anda dengan saran mereka yang bermanfaat.

 

Untuk pengalaman yang menyenangkan dan tidak merepotkan, ingatlah untuk melakukan riset dan temukan perusahaan percetakan online yang memiliki reputasi baik. Penyedia yang tepat dapat memandu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat, menavigasi proses produksi pencetakan, dan menyelesaikan cetakan Anda dalam waktu singkat.

(0)

Aspek terpenting dari pemasaran Anda bisa dibilang adalah kemasan produk Anda. Khusus untuk bisnis dengan produk fisik, desain kemasan Anda bisa menjadi faktor penentu apakah barang Anda akan dibeli atau tidak. Dalam lingkungan yang berfokus pada desain saat ini, pelanggan menempatkan kualitas desain kemasan Anda sama pentingnya dengan aspek fungsional produk Anda. Jika Anda ingin menonjol di lorong etalase supermarket, Anda perlu berinvestasi pada kemasan produk Anda.

Namun kapan waktu yang tepat untuk mempertimbangkan desain ulang kemasan produk?

Jawaban atas pertanyaan ini berbeda-beda di berbagai industri. Namun, setidaknya kita dapat membahas indikator-indikator umum. Berikut 6 alasan untuk mempertimbangkan untuk  mendesain ulang kemasan produk.

1. Desain Kemasan Produk Kedaluwarsa.

Tren desain datang dan pergi. Misalnya, desain skeumorfik yang disukai tahun 90-an, yang mengacu pada konsep desain yang membuat desain yang menyerupai item di dunia nyata. Hal ini dapat dilihat pada antarmuka komputer dan merupakan alasan utama mengapa ikon simpan berupa disket. Sebagian besar desain kemasan produk pada dekade ini menampilkan warna-warna cerah dan banyak elemen desain.

Sebaliknya, standar desain saat ini cenderung mengarah ke jalur minimalis. Desainer banyak menekankan pada white space, yaitu ruang kosong di sekitar teks dan simbol. Jumlah elemen desainnya juga jauh lebih sedikit.

Pertimbangkan kapan desain produk Anda dibuat. Bandingkan desainnya dengan tren terkini dalam kemasan produk industri Anda. Kalau sudah tua pasti perlu diupgrade.

2. Perubahan Formula Produk

Produk berubah seiring waktu. Saat bahan-bahan baru tersedia, formula produk Anda akan berubah untuk beradaptasi. Teknologi baru dapat mengubah fungsi dan spesifikasi produk Anda. Produk Anda bahkan mungkin memerlukan ukuran atau bentuk baru. Peningkatan ini dapat menumpuk dan secara signifikan dan dapat mengubah cara pelanggan memandang produk dan perusahaan Anda.

Untuk mencerminkan perubahan tersebut, Anda juga perlu mengubah desain kemasan produk Anda. Selain kebutuhan nyata untuk mengganti bahan atau mengubah bentuk dan ukuran kemasan, ini juga merupakan peluang bagus untuk mengiklankan perbaikan pada formula produk Anda.

3. Rebranding Perusahaan

Akhir-akhir ini sedang menjadi tren dalam dunia bisnis untuk melakukan rebranding dari awal. Biasanya merek-merek lama yang telah ada selama beberapa dekadelah yang berubah menjadi merek yang lebih kontemporer untuk mencerminkan zaman modern. Yang lain mengubah logo atau sisi visual lainnya dari perusahaan untuk mencerminkan perubahan arah.

Apapun alasan Anda, jangan lupa untuk memperbarui kemasan Anda. Penting untuk membuat desain konsisten dengan estetika baru dari merek Anda.

4. Krisis dan Pemulihan Hubungan Masyarakat

Mimpi buruk hubungan masyarakat bisa terjadi bahkan pada kita yang terbaik sekalipun. Apalagi saat ini ketika interaksi pelanggan terjadi hampir seketika melalui media sosial, satu publisitas buruk bisa berakibat fatal bagi merek Anda. Mungkin diperlukan waktu untuk pulih dari dampak publisitas negatif ini.

Luangkan waktu untuk mempertimbangkan memodifikasi kemasan produk Anda karena dua alasan. Pertama, ini akan menunjukkan bahwa Anda sudah move on dari publisitas buruk yang Anda terima. Dan kedua, Anda secara aktif berusaha meningkatkan produk dan citra Anda, dimulai dengan desain.

5. Masalah Keuangan dan Kendala Anggaran

Setiap bisnis pasti pernah mengalami masalah keuangan. Mungkin ada beberapa pengeluaran yang menggerogoti pendapatan Anda. Selain itu, beberapa kemasan produk bisa jadi mahal. Anda mungkin terlalu banyak berinvestasi secara finansial dalam desain kemasan produk Anda tanpa pengembalian investasi yang nyata.

Bagaimanapun, pertimbangkan untuk mendesain ulang kemasan produk Anda jika Anda ingin menghemat biaya. Bahkan penghematan kecil per item pun bisa berdampak besar.

6. Teknologi Pengemasan Produk Baru

Teknologi baru dapat menghasilkan proses pengemasan produk yang lebih efisien. Selain itu, mungkin ada cara baru untuk mendesainnya yang Anda lewatkan.

Perbarui branding Anda dengan menggunakan teknologi baru pada kemasan produk.

Misalnya, ada gaya baru yang dapat dipilih saat membuat kotak kemasan custom yang mungkin lebih cocok untuk produk Anda. Anda bahkan dapat melakukan perbaikan visual pada kemasan Anda. Ini termasuk membuat emboss atau deboss pada suatu elemen untuk menekankannya, titik UV yang menonjolkan sebagian desain Anda, atau stempel foil untuk memberikan daya tarik yang mewah. Jangan lewatkan teknologi pengemasan produk baru. Gabungkan mereka dalam desain Anda untuk menciptakan desain baru dari kemasan produk yang lebih efektif.

(0)

Banyak yang telah dibicarakan tentang mengapa Anda harus menggunakan pemasaran brosur. Ini adalah salah satu materi pemasaran yang paling berguna untuk didistribusikan. Mereka tidak hanya menarik perhatian target pasar Anda dengan visual yang bagus, mereka juga memiliki ruang yang luas untuk menjelaskan detail produk dan layanan.

Tentu saja ada banyak sekali template brosur gratis yang bisa Anda gunakan untuk promosi Anda. Namun, tidak banyak artikel yang membahas tentang lipatan brosur dan cara menggunakannya.

Salah satu ciri unik brosur adalah banyaknya lipatan. Untuk pemasaran brosur yang efektif, penting bagi Anda untuk mengetahui kapan menggunakannya untuk mendapatkan efek terbesar. Setelah menganalisis konten mana yang lebih sesuai dengan target pasar Anda, Anda harus memilih lipatan brosur mana yang sesuai.

Di Famous Printing, kami menawarkan beberapa lipatan yang dapat Anda tambahkan ke brosur Anda. Satu-satunya tantangan adalah dalam memilih. Berikut adalah berbagai jenis lipatan brosur serta kegunaan terbaiknya.

Setengah Lipat (Half-Fold)

Lipatan brosur yang paling sederhana adalah lipatan setengah. Opsi pelipatan ini menghasilkan dua panel di setiap sisinya, seperti buku. Anda dapat menggunakannya untuk presentasi bisnis sederhana yang tidak memerlukan banyak halaman. Halaman depan yang relatif lebih besar bisa menjadi peluang bagus untuk desain visual yang menarik.

Lipat Tiga (Tri-Fold)

Lipat tiga adalah pilihan kami yang paling populer. Disebut juga lipatan huruf, lipatan brosur klasik ini memiliki tiga panel yang sama besar di setiap sisinya. Mereka dilipat satu sama lain untuk membentuk lipatan yang berbeda. Lipatan ini biasanya digunakan dalam acara pemasaran untuk menjelaskan produk dan layanan karena desainnya yang berbeda. Tiga lipatan yang sama bersifat intuitif, terutama untuk urutan langkah dan list daftar bernomor.

Lipatan Z (Z-Fold)

Disebut juga lipatan akordeon, dinamakan demikian karena mengikuti bentuk Z. Opsi lipatan brosur ini menghasilkan tiga panel di setiap sisi seperti lipatan tiga. Ini adalah alternatif yang bagus untuk melipat tiga, dan berguna untuk pemasaran surat langsung.

Lipat Gerbang (Gate-Fold)

Lipatan gerbang adalah lipatan gaya presentasi. Ini membentuk panel dua pintu simetris yang terbuka untuk memperlihatkan panel yang lebih besar. Ini paling baik digunakan untuk efek presentasi yang lebih besar, terutama jika Anda ingin menekankan produk atau layanan tertentu.

Lipat Gerbang Ganda (Double Gate-Fold)

Lipatan gerbang ganda sama dengan lipatan gerbang, namun panel interiornya dilipat di tengah. Ini membentuk 4 panel paralel yang sama. Dengan desain yang tepat, Anda bisa memanfaatkan panel terluar untuk membentuk desain yang lebih besar. Sekali lagi, mereka paling baik digunakan untuk efek presentasi yang lebih besar.

Lipatan Paralel Ganda (Double-Parallel Fold)

Dengan opsi lipatan brosur ini, kertas dilipat menjadi dua lalu dilipat lagi menjadi dua, sejajar dengan lipatan pertama. Lipatan dalam sedikit lebih kecil dibandingkan lipatan luar. Keempat panel tersebut sangat bagus sebagai handout promosi yang membutuhkan presentasi yang lebih detail.

Gulung Lipat (Roll Fold)

Lipatan gulungan adalah jenis lipatan dimana tempat lipatannya menggulung ke dalam, seperti spiral. Lipatan selanjutnya menjadi sedikit lebih kecil. Jenis lipatan ini paling baik untuk panduan atau tutorial langkah demi langkah.

Memilih lipatan terbaik untuk brosur Anda memerlukan pengetahuan yang tepat tentang produk atau layanan yang Anda promosikan, apa yang ingin Anda ungkapkan, dan cara terbaik untuk mengungkapkannya. Di Famous Printing, kami akan dengan senang hati membantu Anda semampu kami. Kami dapat membantu Anda memilih lipatan brosur terbaik, serta berbagai opsi penyesuaian pencetakan untuk membuat presentasi brosur Anda yang paling efektif.

(0)