Dulu, hampir semua sekolah elit menerbitkan majalah sekolah sendiri setiap bulannya. Namun sekarang tidak banyak sekolah yang masih mencetak majalah karena dianggap kurang penting dan buang-buang uang. Padahal sebenarnya jika ditelaah lagi banyak sekali fungsi majalah sekolah yang sayang jika dilewatkan.

Salah satu fungsi cetak majalah sekolah bulanan adalah sebagai dorongan bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan minat jurnalistik. Itulah sebabnya tim majalah sekolah biasanya menjadi salah satu ekstrakurikuler sekolah dulunya. Sebenarnya masih banyak kok keuntungan-keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan membentuk tim jurnalistik sekolah bagi siswa-siswa yang mengikutinya. Apa saja? ikuti pembahasan di bawah ya!

Keuntungan Membentuk Tim dan Menerbitkan Majalah Sekolah

Penulis akan mengupas setidaknya 5 keuntungan dari Penerbitan Majalah Sekolah bagi Siswa-Siswa yang tergabung di dalamnya.

cetak majalah sekolah

Mengembangkan Keterampilan Menulis

Setiap siswa diberikan kesempatan yang sama untuk melatih keterampilan menulis mereka dalam berbagai jenis tulisan. Keterampilan ini memang tidak bisa terjadi secara otomatis, tetapi jika dibiasakan maka hasilnya akan berdampak positif bagi siswa tersebut. 

Siswa yang ikut dan dilibatkan dalam penulisan majalah akan memiliki pengalaman dalam menulis berbagai jenis dan bentuk tulisan. Dengan pengalaman-pengalaman tersebut, mereka yang terbiasa menulis majalah sekolah akan otomatis menjadi terampil dalam penulisan. Skill menulis ini bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh, bahkan sekarang pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan penulisan seperti copywriting, content writer makin diminati. Ini akan sangat bagus untuk menyiapkan mereka, terutama jika mereka hendak menekuni dunia penulisan di kemudian hari.

Bukan hanya itu lo manfaatnya, siswa yang terbiasa menulis pada umumnya akan mempunyai wawasan yang luas karena sering membaca sumber-sumber lain juga. Selain itu mereka juga dilatih menjadi analitis dan kritis terhadap lingkungan sekitar. Cara berpikir merekapun menjadi lebih sistematis.

Sebagai Ajang Pelatihan Jurnalistik

Lah kan sama saja dengan menulis? Beda dong. Jurnalistik mempunyai cakupan yang lebih luas daripada sekedar menulis. Selain kemampuan menulis siswa dilatih, kemampuan mereka dalam bidang jurnalistik juga dilatih lo. Mereka akan ditempatkan dalam situasi didalam menggali informasi dari narasumber-narasumber baru, sehingga mereka dapat mudah bersosialisasi pada lingkungan baru.

Selain itu Kemampuan bertanya pertanyaan yang tepat untuk menggali informasi dari narasumber juga ikut berkembang. Tentunya ini pun secara otomatis membuat siswa menjadi berpikir kritis. Siapa tahu suatu hari siswa-siswi tersebut menjadi the next Najwa Shihab.

 

Mengembangkan Kemampuan Kreatif Siswa

Hal yang ketiga yang ikut dikembangkan dari proses penerbitan majalah sekolah adalah kreativitas siswa-siswi di dalamnya. Ketika mereka ikut menulis / mengirimkan tulisan untuk diterbitkan dalam majalah sekolah, mereka dilatih mengekspresikan ide-ide mereka dalam bentuk tulisan. Sementara mereka menulis, akan muncul berbagai gagasan serta imajinasi dalam otak mereka. Hal ini akan ikut mengembangkan bakat dan minat mereka.

Dengan adanya majalah, mereka menjadi punya ruang untuk menuangkan aspirasi mereka. Mereka bisa ikut mengemukakan pendapat dan memberi komentar terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah. Itulah berbagai sebab mengapa penerbitan majalah patut didukung oleh pihak sekolah. Apalagi sekarang ini pencetakan majalah sangat mudah dan biaya cetak majalah satuan pun tidaklah mahal.

 

Membangun Kebiasaan Membaca Bagi Para Siswa

Apalagi majalah sekolah tersebut dibuat semenarik mungkin, dengan topik-topik yang up to date, tentunya siswa-siswi di sekolah tersebut akan ikut membaca majalah itu. Apalagi yang menulis adalah teman-teman mereka sendiri dan ruang lingkup pembahasannya adalah hal-hal di lingkungan sekolah sendiri. Ini akan mengembangkan kebiasaan membaca yang sangat baik bagi para siswa di sekolah tersebut.

 

Melatih Kemampuan Berorganisasi Siswa

Dengan bergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik yakni penerbitan majalah sekolah, maka para siswa juga dapat melatih kemampuan berorganisasinya. Jadi kemampuan berorganisasi tidak hanya sekedar dapat dikembangkan jika mereka menjadi OSIS, tapi juga dengan kegiatan ini. Pasalnya untuk membuat majalah siswa yang bagus dan menarik diperlukan tim yang mana harus bekerja sesuai peran mereka masing-masing. Merekapun juga harus berkerjasama dan disiplin dalam melakukan tugas-tugasnya.

 

Itulah penjelasan penulis mengenai 5 hal yang dapat diraih para siswa dengan mencetak majalah sekolah. Jika sekolahmu punya rencana membuat majalah, walau dalam jumlah kecil sekalipun jangan berkecil hati. Ada banyak percetakan majalah yang dapat membantumu, salah satunya adalah Famous Printing Surabaya.

 

(0)

Sekilas Tentang Mesin Jet Press

Jika sebelumnya mesin digital printing itu berbeda dengan mesin offset, sekarang hal ini sudah tidak berlaku. Dalam satu mesin Jet Press ini, anda bisa melakukan cetak digital maupun cetak offset. Ya, mesin teknologi terbaru ini menggabungkan kedua fungsi tersebut dalam 1 mesin.

Jet Press merupakan mesin yang cocok buat percetakan yang sering menerima order short volume (sekitar 200 sampai 500 pcs). Bahkan cetak separasi yang hanya satu dua lembar pun bisa ditangani pakai mesin ini. Tentu ini sulit ditangani mesin offset konvensional, karena dengan volume yang sedikit, harganya bakal jatuh mahal sekali per pcsnya. Bahkan jika diperlukan mesin ini pun bisa mencetak dalam jumlah besar, karena pengerjaannya cukup cepat jika dibanding teknologi mesin offset konvensional.

Keunggulan Mesin Jet Press

Mesin Jet Press Fuji Film

Kapasitas Produksi Tinggi

Dengan mesin jet press, tidak ada yang namanya cetak lama. Mesin ini mampu mencetak 3600 gambar /jam. Dengan mesin ini, kecepatan tetesan tinta printhead meningkat, kontrol pengeluaran tintanya lebih akurat(efisien) serta sistem pengeringan tintanya lebih cepat. Tentunya dengan kecepatan cetak yang lebih cepat akan membuat kapasitas produksi meningkat serta biaya produksi jadi lebih hemat.

Ukuran Area Kertas Yang Bisa Dicetak Lebih Besar

Mesin Jet Press punya area cetak yang besar. Ambil contoh Jet Press dari Fuji Film punya area cetak 75cm x 58,5cm dimana sekali cetak bisa mencetak 6 halaman B5. Karena hal inilah mesin ini cocok diaplikasikan untuk mencetak berbagai produk seperti paperbag, packaging, dan produk-produk kreatif yang lain.

Kualitas Cetak Stabil

Mesin jet press umumnya sudah dilengkapi suatu sistem inspeksi yang dapat memeriksa setiap cetakan dan memastikan kualitas cetak gambarnya tetap stabil.

Sistem Pengeringan Terbaru

Dengan memiliki teknologi pengeringan terbaru. Cetakan yang dicetak menggunakan mesin jet press akan lebih cepat kering. Hal ini dapat memangkas konsumsi listrik hingga 20%.

Kualitas Cetakan Bagus

Karena sistem pencetakan dari mesin ini sepenuhnya digital, maka hasil cetak dari mesin jet press ini bisa 99% persis seperti file desain gambar yang ingin dicetak. Selain itu hasil cetaknya juga bagus dan tidak mudah pecah sekalipun dilipat. Itu sebabnya mesin jet press ini cocok untuk cetak cover majalah, buku ataupun brosur tanpa perlu dilaminating lagi. Keren kan!

Selain hal itu, karena hasil cetaknya bagus dan stabil, ini akan berdampak pada penghematan dalam proses produksi. Sebabnya adalah karena tidak ada kertas, tinta ataupun bahan cetak lainnya yang akhirnya harus dibuang karena cetakan berbayang, ataupun hal-hal lainnya.

Praktis

Karena mesin ini adalah penggabungan dari mesin cetak digital dan cetak offset, maka anda dapat mencetak beberapa pesanan sekaligus dalam sekali cetak. Contohnya dalam sekali cetak anda bisa mencetak pesanan dari klien A 1 lembar, klien B 2 lembar, dan klien C 3 lembar. Tidak perlu mencetak satu-satu. Bayangkan betapa efisiennya hal ini baik dari konsumsi listrik maupun konsumsi waktu.

 

Jika anda tertarik dengan berbagai keunggulan mesin Jet Press ini, sebaiknya mulai sekarang anda sisihkan dana untuk investasi mesin baru ini. Mungkin harganya tidaklah murah tapi dengan teknologi yang dimiliki dimana anda dapat menghemat waktu dan listrik, tentunya pada akhirnya biaya cetak per pcs bisa jatuh lebih murah. Pada akhirnya ini dapat menghemat dana anda dan investasi anda akan segera BEP, bahkan berlipat ganda.

(0)

Layanan percetakan adalah perpaduan dari berbagai macam hal. Layanan tersebut bisa melibatkan segala jenis hal untuk memenuhi permintaan percetakan dari klien, bahkan yang sulit sekalipun. Tidak hanya memberikan layanan biasa yang langsung memberikan hasil cetak, tapi juga menyediakan solusi pencetakan inovatif yang sesuai dengan kebutuhan klien.

Layanan percetakan bisa berarti banyak hal. Untuk perusahaan percetakan, hal ini berarti kebutuhan memiliki alat yang tepat untuk memberikan klien sebuah layanan percetakan. Jadi butuh mesin dan alat cetak, tidak lupa juga skill operator yang handal.

Sebagai contoh, layanan cetak juga bisa menyediakan produk cetak yang lebih cepat dan efektif secara biaya. Atau layanan tersebut juga bisa lebih fokus kepada hasil yang berkualitas tinggi yang sulit disaingi oleh percetakan lain.

Secara umum, usaha percetakan perlu memberikan variasi layanan yang ditawarkan. Hal itu termasuk jenis produk seperti offset printing, digital printing, custom printing, percetakan untuk media besar seperti spanduk, variable data printing, inkjet printing dan masih banyak lainnya.

Layanan percetakan intinya adalah bagaimana memberikan solusi untuk media cetak, menghasilkan produk yang bagus dan bagaimana memanfaatkan keahlian yang ada untuk hal-hal tersebut. Mungkin terdengar rumit, tapi Anda harus mengetahui layanan percetakan seperti apa yang akan didapatkan dengan budget Anda ketika Anda menentukan sebuah percetakan.

 

  1. Customer Service

Sebuah perusahaan percetakan dengan staff yang terampil dan sopan akan sangat menghargai pelanggannya. Perusahaan tersebut tentunya sadar bahwa mereka tidak hanya melakukan sebuah transaksi bisnis, tapi juga membangun hubungan yang baik dengan kliennya.

Layanan pelanggan dapat berbentuk banyak hal seperti bagaimana cara perusahaan tersebut melayani komplain dan mengatasinya. Selain itu mereka biasanya juga harus membantu kliennya, karena belum tentu semua klien paham soal percetakan, sehingga transaksi dapat berjalan dengan lancar.

Untuk hal tersebut juga banyak perusahaan percetakan yang memberikan bantuan teknis gratis dan bahkan memberikan bantuan langsung untuk memudahkan proses pemesanan produk mereka.

 

  1. Kualitas

Layanan percetakan juga bisa dinilai dari kualitas hasil cetak mereka. Hasil cetak berkualitas profesional dapat dilihat dari seberapa konsisten dan akurat hasil cetak tersebut, sehingga hal itu juga menjadi sebuah aset utama yang dimiliki sebuah perusahaan percetakan.

percetakan surabaya

  1. Konsisten

Perusahaan yang konsisten akan menepati kata-kata mereka pada waktu kita memesan. Tentunya kita tidak ingin pesanan kita belum selesai di waktu yang sudah ditentukan bukan? Jadi perusahaan cetak yang konsisten ini sangat menjadi andalan karena mereka bisa menepati jadwal yang sudah ditentukan. Karena waktu sangat penting dalam bisnis dan percetakan yang bisa diandalkan akan sangat membantu bisnis Anda.

 

  1. Harga yang Sesuai

Percetakan yang profesional akan memberikan harga yang sesuai dengan kualitas produk yang Anda minta. Sehingga Anda tidak membayar lebih dari yang seharusnya dibayarkan, baik itu karena harga yang dilebih-lebihkan atau biaya tambahan yang tidak diinformasikan sebelumnya.

Anda bisa melihat apa saja yang perlu Anda bayarkan dan dapatkan melalui invoice atau nota pada saat pemesanan. Anda mungkin bisa mendapatkannya secara langsung jika Anda melakukan pemesanan di tempat. Atau mungkin Anda akan mendapatkannya secara online. Jika tidak diberikan, Anda bisa memintanya melalui layanan pelanggan melalui telepon atau e-mail. Yang pasti melalui nota tersebut anda bisa mengetahui produk apa saja yang anda pesan dengan segala detailnya beserta jumlah dan harganya.

 

  1. Material berkualitas tinggi

Anda juga bisa mengetahui apakah Anda mendapatkan harga yang sesuai jika Anda dapat melihat material yang digunakan oleh pihak percetakan. Percetakan yang tidak pelit bahan akan memberikan hasil cetak yang lebih memuaskan karena bahan-bahan kertas tersebut lah yang membawakan informasi yang sudah anda desain sedemikian rupa.

Untuk Anda yang belum tahu, jenis kertas yang ideal untuk percetakan contohnya adalah art carton 260 gsm untuk kartu nama dan kartu pos, art paper 120-210 gsm untuk brosur dan kertas sticker vinyl yang tentu saja untuk, sticker.

Jadi objektif lah saat memilih perusahaan percetakaan. Jangan lupa survei terlebih dahulu untuk memastikan kualitasnya. Pada dasarnya, yang kita butuhkan bukan hanya produk yang disediakan perusahaan tersebut, tetapi juga bagaimana perusahaan tersebut melakukan tugasnya sebagai sebuah layanan percetakan. Anda akan merasakan bahwa urusan percetakan sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan jika Anda berurusan dengan perusahaan yang tepat.

(0)