Periklanan digital mungkin sedang populer saat ini, namun tidak dapat disangkal bahwa teknik marketing tradisional masih tetap ada. Berjalan-jalanlah ke luar jika Anda memerlukan bukti – Anda bahkan tidak perlu berjalan jauh untuk melihat banner, poster, atau bahkan stiker jendela. Fakta bahwa Anda dapat melihatnya dimana-mana adalah bukti betapa efektifnya teknik marketing cetak ini dalam menarik perhatian Anda.

Untuk artikel ini, kami akan fokus pada banner fisik. Semua yang perlu Anda ketahui tentang mendesain signage jenis ini, akan kami bahas di sini.

Hal pertama yang penting adalah, untuk apa banner itu?

Alasan utama banner fisik berhasil bertahan dari pengambilalihan Internet adalah keserbagunaannya. Sama seperti banner digitalnya, banner fisik dapat digunakan untuk apa saja – jika Anda dapat menuangkan ide Anda ke dalam tulisan atau desain, toko percetakan pasti dapat mencetak banner tersebut untuk Anda.

Agar lebih mudah dipahami, kami mengelompokkan berbagai penggunaan banner custom ke dalam tiga tujuan utama:

Untuk meningkatkan lalu lintas

Tampilan di jendela bisa jadi menarik, namun menambahkan banner ke dalamnya dijamin akan menarik perhatian orang yang lewat. Hal ini terutama berlaku jika toko Anda berada di jalan yang ramai. Menampilkan spanduk yang menarik perhatian di jendela depan atau samping dapat membuat Anda menonjol dari etalase toko lainnya.

Untuk menyorot produk atau layanan tertentu.

Spanduk yang ditempatkan dengan baik akan menarik perhatian pada produk atau layanan Anda, baik Anda seorang pemilik restoran yang mempromosikan hidangan unggulan minggu ini, pemilik studio yang memamerkan koleksi musim ini, atau agen real estate dengan listingan properti yang menjanjikan.

Untuk mengumumkan suatu acara.

Mungkin Anda merencanakan obral besar-besaran pada musim liburan, atau bar Anda mengadakan malam open mic dan Anda ingin mendorong artis dari lingkungan Anda untuk datang. Mengungkapkan promo dan aktivitas publik Anda melalui banner adalah cara yang pasti untuk menyebarkan pesan!

Memiliki tujuan yang jelas akan sangat memudahkan dalam mendesain banner. Sebelum Anda mengambil buku sketsa, ambillah buku catatan dan pulpen terlebih dahulu. Buat daftar apa yang pada akhirnya ingin Anda capai dengan banner Anda. Percayalah pada kami – ini akan membuat seluruh proses lebih mudah.

Mendesain Banner Custom

Sekarang, mari kita mulai pada inti topik artikel kali ini. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika merancang banner yang efektif. Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, visual yang mengesankan saja tidak akan membuat calon pelanggan tertarik pada Anda. Beri tahu mereka apa yang harus mereka lalukan dengan menampilkan elemen-elemen berikut:

Logo bisnis

Logo Anda adalah wajah dari merek / brand Anda. Itulah yang membedakan Anda dari pesaing dan hal itulah yang membuat orang mengingat Anda. Anda tidak akan mempercayai seseorang jika Anda tidak tahu seperti apa penampilannya, bukan?

Nama perusahaan atau merek

Merek atau nama perusahaan Anda, baik itu kata-kata yang dibuat-buat atau plesetan dari inisial Anda dan mitra bisnis Anda, adalah yang memperkuat identitas Anda. Itu bukti bahwa Anda ada.

Tentu saja, beberapa merek barang-barang rumah tangga bisa saja mengabaikan elemen ini dalam iklan mereka, tapi itu karena mereka sudah memantapkan kehadirannya di pasar. Orang-orang tahu siapa dan apa diri mereka bahkan tanpa visualnya. Pengakuan semacam ini tidak terjadi dalam semalam, dan sampai Anda mencapai posisi tersebut, yang terbaik adalah menonjolkannya agar orang dapat mengenalinya dengan mudah.

Detail

Informasi kontak adalah suatu keharusan bagi setiap banner, apa pun isinya. Beri tahu orang-orang cara menghubungi Anda dengan menambahkan situs web, nomor telepon, atau kode QR yang berisi tautan media sosial jika Anda mau. Jika Anda mempromosikan suatu acara, cantumkan tanggal dan tempatnya. Mengadakan penjualan? Soroti berapa banyak yang dapat mereka hemat!

Setelah Anda memahami ketiga elemen penting tersebut, inilah cara Anda membuat audiens Anda terpesona.

Tipografi
Mengabaikan desain tipografi adalah salah satu kesalahan paling umum saat mendesain banner. Jenis huruf dapat memberi nilai lebih atau menghancurkan fungsional dari banner custom Anda. Bahkan font merek Anda, yang terlihat menakjubkan di situs web dan media sosial Anda, dapat terlihat sangat berbeda jika digunakan pada materi cetakan.

Saat mendesain signage format besar seperti banner, aturan praktisnya adalah menggunakan font sans serif karena mudah dibaca. Mengenai ukuran font, perlu diingat bahwa tinggi huruf 3 in hanya dapat dilihat dari jarak 30’. Menambahkan satu inci lagi akan menambah jarak baca sebesar 1′.

Materi
Menambahkan kata-kata bijak dan humor pada materi banner Anda adalah salah satu cara untuk membuat orang melirik untuk kedua kalinya, namun secara umum, lebih sedikit teks selalu lebih baik dalam hal periklanan.

Selalu berasumsi bahwa setiap orang yang melewati spanduk Anda sedang terburu-buru. Tidak ada seorang pun yang punya waktu untuk membaca teks panjang saat mereka sedang mengemudi, bersepeda, atau terburu-buru mengejar bus.

Berikut latihan yang dapat Anda coba: Tuliskan versi berbeda dari materi banner Anda dalam tujuh kata atau kurang, lalu bacalah dengan lantang satu per satu. Anda akan tahu mana yang harus Anda pilih setelahnya!

Warna
Para pemilik bisnis sekarang banyak yang sadar tentang pentingnya psikologi warna untuk signage dan materi pemasaran lainnya. Apapun warna yang Anda pilih, selalu pilih corak paling berani dan terang, lalu pilih warna kontras untuk latar belakang. Beberapa kombinasi yang bisa digunakan adalah:

  • Putih di atas hitam
  • Putih di atas merah
  • Kuning di atas merah
  • Biru di atas putih
  • Hijau tua di atas kuning
  • Kuning pada biru tua

Gambar-gambar

Jika Anda menambahkan gambar ke dalam banner Anda, ada beberapa poin teknis yang perlu Anda ingat. Gunakan file dengan resolusi minimal 300 dpi (untuk indoor) agar tidak buram atau berpiksel setelah banner dicetak. Anda dapat meminta bantuan toko percetakan banner jika Anda tidak memiliki perangkat lunak untuk mengonversi gambar. Untuk stok foto, pastikan Anda mendapatkannya dari sumbernya, bukan sekedar copy gambar dari hasil pencarian gambar di google.

Sekarang setelah Anda mengetahui cara mendesain banner yang efektif, Anda sudah siap untuk menarik lebih banyak pelanggan dan klien ke bisnis, organisasi, atau acara Anda. Untuk semua kebutuhan banner custom Anda, hubungi pakar pencetakan banner – FamousPrinting! Beri tahu kami jika Anda memiliki pertanyaan atau jika Anda ingin meminta penawaran khusus.

(0)

Stiker dan decal sering kali tertukar satu sama lain. Beberapa orang bahkan menggunakan kata stiker dan decal secara bergantian.

Jika Anda penasaran dengan perbedaannya, Anda mungkin ingin menggunakan salah satu dari keduanya dalam pemasaran Anda. Baca terus untuk mengetahui perbedaan utama di antara keduanya dan mana yang lebih cocok untuk promosi Anda.

Apa itu Stiker?

stiker teknoup
stiker teknoup

Dibandingkan dengan decal, stiker umumnya dibuat dengan bahan yang lebih tipis seperti kertas. Mereka sering kali tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, dan dapat dicetak dalam bentuk lembaran atau gulungan. Karena keserbagunaannya, pencetakan stiker menjadi alat tradisional yang digunakan oleh pemasar dan pemilik bisnis yang ingin meningkatkan branding mereka.

Perbedaan lainnya terletak pada pengaplikasian stiker. Secara umum, stiker khusus ditujukan untuk penggunaan jangka pendek dan lebih mudah diaplikasikan pada permukaan apa pun dibandingkan decal. Beberapa stiker dibatasi untuk penggunaan di dalam ruangan karena paparan elemen cuaca seperti hujan/matahari dapat menyebabkan tinta cepat memudar. Stiker jenis ini yang sudah dicetak dengan brand bisnis Anda akan sempurna untuk dijadikan hadiah gratis untuk setiap pembelian yang dilakukan oleh pelanggan baru dan pelanggan tetap.

Semua decal adalah stiker, namun tidak semua stiker adalah decal. Stiker hadir dalam dua lapisan: lapisan perekat, dengan desain tercetak di depan dan bahan perekat di belakang, serta lapisan kertas yang melindungi perekat.

Stiker mungkin sulit dihilangkan dari suatu permukaan, dan beberapa bahan stiker memerlukan upaya tambahan untuk menghilangkannya sepenuhnya, seperti sabun dan air atau adhesive remover berbahan kimia.

Apa itu Decal?

Decal adalah stiker yang digunakan untuk menghiasi permukaan yang terdapat di dalam dan luar ruangan. Biasanya digunakan untuk keperluan dekoratif, decal dapat diaplikasikan pada dinding, jendela, lantai, mobil, dan truk. Decal dinding dapat digunakan untuk menghias ruang apa pun di kantor, toko, atau ruang ritel, sedangkan decal jendela biasanya digunakan untuk mengiklankan produk atau layanan kepada orang-orang yang melewati etalase usaha kecil.

Decal tersedia dalam tiga lapis bahan kertas dan vinil yang berisi desain. Setelah diaplikasikan, desain dipindahkan dari lembar penutup ke permukaan tempat stiker akan dipajang. Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan squeegee atau tepi kartu plastik datar jika desainnya cukup kecil.

Saat digunakan di luar ruangan, beberapa jenis decal dapat bertahan hingga lima tahun dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat. Setelah dilepas, decal ini tidak dapat digunakan kembali lagi.

Stiker atau Decal: Mana yang Anda Butuhkan?

Saat Anda perlu memutuskan apakah Anda memerlukan stiker atau decal, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut untuk membantu Anda menentukan mana yang akan dipesan:

1. Bagaimana Anda ingin menggunakan produk ini?

Stiker biasanya digunakan untuk logo dan ilustrasi bermerek, sedangkan decal sering digunakan dalam desain interior, dekorasi, dan periklanan.

2. Seberapa besar atau kecil desain yang Anda inginkan?

Jika Anda ingin mendesain barang-barang kecil seperti botol air, buku catatan, laptop, atau bumper mobil, stiker adalah pilihan ideal. Decal lebih cocok digunakan jika Anda perlu mencetak desain Anda dalam format besar agar terlihat pada jarak yang lebih jauh.

3. Permukaan seperti apa yang ingin Anda hias?

Di mana Anda berencana untuk menerapkan desain Anda? Stiker dapat digunakan pada sebagian besar permukaan halus dan relatif lebih mudah dilepas jika Anda tidak lagi membutuhkannya. Sebaliknya, decal lebih sulit diterapkan. Ini sering digunakan untuk permukaan yang lebih besar seperti dinding, lantai, dan kendaraan.

4. Berapa lama Anda akan menggunakan produk Anda?

Tergantung pada kebutuhan Anda, perusahaan percetakan online seperti Famous Printing dapat mencetak untuk Anda stiker dan decal yang tahan lama. Stiker vinil yang bagus dapat bertahan hingga lima tahun. Sementara itu, beberapa decal bisa bertahan hingga tiga hingga lima tahun jika dirawat dengan baik.

(0)

Semua orang menyukai stiker. Mereka bukan hanya alat yang populer dan serbaguna untuk bisnis, tapi juga merupakan bentuk ekspresi diri. Mereka dapat mengungkapkan banyak hal tentang diri kita seperti jenis musik favorit kita, kutipan dan ucapan yang berhubungan dengan kita, tim yang kita dukung, dan bahkan cita-cita politik kita.

Baik Anda ingin membuat stiker untuk mempromosikan merek Anda, mempercantik produk, atau sekadar bersenang-senang, ada beragam pilihan yang perlu Anda pertimbangkan saat memulai proses pencetakan stiker custom Anda.

Potong Sesuai Ukuran, Gulungan, atau Lembaran?

Untuk membuat stiker, mulailah dengan format stiker yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Stiker tersedia dalam tiga (3) jenis: potong sesuai ukuran, gulungan, dan lembaran.

Stiker potong sesuai ukuran, disebut juga stiker potong individual, dipotong tunggal sesuai dengan bentuk dan ukuran yang ditentukan dan dikirim dalam tumpukan. Ini dicetak pada bagian belakang yang mudah dikupas untuk memudahkan aplikasi. Stiker potong sesuai ukuran banyak digunakan untuk promosi dan hadiah, dan cocok untuk aplikasi stiker dalam jumlah sedikit.

Di sisi lain, stiker gulungan sangat cocok untuk pesanan dalam jumlah besar dan cocok digunakan pada lini produksi (seperti stiker label barang). Stiker dicetak pada perekat dan dililitkan pada gulungan sehingga lebih mudah dikupas dan dikeluarkan.

Stiker lembaran dicetak pada kertas perekat berukuran 8,5” x 11”, sehingga lebih mudah ditumpuk dan disimpan. Kami hanya memotong stikernya dan bukan bagian belakangnya. Ini memungkinkan Anda melepas stiker satu per satu dari lembarannya. Stiker lembar memungkinkan Anda mencetak beberapa desain dalam satu halaman.

Lokasi

Pikirkan tentang bagaimana stiker Anda akan diterapkan. Apakah akan diterapkan di dalam ruangan? Apakah Anda ingin pelanggan menggunakannya pada jendela mobil dan laptop? Apakah harus tahan air? Berapa luas ruang yang tersedia untuk stiker Anda? Ini membantu mengetahui bahan dan ukuran apa yang cocok untuk Anda.

Bahan dan Finishing

Dengan mempertimbangkan lokasinya, perekat dan pelapis tertentu juga memiliki efek visual tertentu dan memengaruhi umur panjang stiker Anda.

Vinyl putih sering digunakan untuk hadiah stiker karena daya tahannya. Ini memiliki lapisan kilap tinggi yang tahan cuaca dan tahan UV yang menambah nilainya dan menekankan detail dalam desain. Polipropilena berorientasi biaksial (BOPP) terbuat dari film mirip plastik yang cocok untuk penggunaan di luar ruangan. Selain tahan air, BOPP menawarkan peluang desain yang unik karena hadir dalam pilihan transparan, putih, dan metalik.

Untuk merek klasik dan ramah lingkungan, kertas stiker putih tanpa lapisan sering kali lebih disukai karena teksturnya yang alami. Pilih lapisan stiker Anda dengan hati-hati, karena ini akan membuatnya lebih bagus atau malah memperburuknya.

Resolusi

Saat Anda mengerjakan desain stiker, jaga resolusi gambar Anda minimal 300 dpi atau lebih tinggi. Stiker harus terlihat jelas bahkan dari jarak jauh, dan file beresolusi tinggi memastikan stiker dicetak dengan baik tanpa pikselasi apa pun.

Bentuk

Bentuk yang Anda pilih tidak hanya harus sesuai dengan desain Anda tetapi juga menambah daya tarik visual pada stiker Anda. Persegi panjang adalah bentuk yang paling populer karena menyediakan lebih banyak ruang untuk memasukkan grafik dan teks. Stiker persegi sangat cocok untuk stiker promosi berlogo dan sering digunakan juga sebagai label produk. Cobalah sudut membulat untuk tampilan yang lebih unik. Oval dan lingkaran cocok untuk desain minimalis yang perlu menarik perhatian ke pusat dari desain Anda. Agar menonjol, cobalah bentuk custom. Ini cocok sebagai selebaran dan hadiah di acara-acara. Stiker berbentuk custom (cutting sticker) memungkinkan Anda membuat desain apa pun dan Famous Printing dapat memotong stiker sesuai dengan bentuk aslinya.

Warna

Memilih warna yang sesuai dengan merek dan gaya Anda adalah hal yang baik, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana warna-warna ini cocok dengan bahan dan hasil akhir stiker pilihan Anda. Misalnya, desain yang detail lebih baik dicetak pada latar belakang buram padat seperti vinil putih, karena BOPP bening dapat menghilangkannya. Lapisan matte dapat menambah tampilan berkapur pada warna yang lebih cerah dan melembutkan warna untuk efek yang lebih modern. Di sisi lain, kilap akan memperkuat warna dan membuatnya menonjol. Semua aspek penting ini akan membantu Anda memaksimalkan pencetakan stiker Anda.

Pemeriksaan

Salah satu kelebihan sablon stiker custom adalah mendapatkan bantuan dari ahli percetakan. Layanan pencetakan profesional mencakup pemeriksaan karya seni sehingga stiker Anda akan keluar persis seperti yang Anda inginkan. Famous Printing menawarkan review desain gratis yang mencakup pemeriksaan format dan elemen desain Anda apakah sudah sesuai dengan pedoman teknis kami sebelum kami mencetak pesanan Anda.

Buat stiker bersama Famous Printing hari ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi kami melalui WA dan perwakilan layanan pelanggan kami dapat membantu Anda.

(0)