Pencetakan brosur / flyer adalah salah satu cara paling efektif untuk menyampaikan pesan Anda kepada banyak orang dengan cepat. Pencetakan brosur adalah teknik bisnis dan pemasaran yang telah ada sejak lama, tetapi tetap efektif hingga hari ini. Pamflet tidak hanya efektif untuk menyampaikan pesan Anda, tetapi juga sangat terjangkau. Perpaduan antara keterjangkauan dan kemudahan penggunaan inilah yang membuat bisnis mencetak brosur untuk berbagai kebutuhan.
Hal terpenting yang harus diingat saat mendesain dan mencetak brosur adalah kualitas yang penting. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk mencetak selebaran berkualitas rendah, sangat berisiko untuk mencetak selebaran berkualitas rendah. Agar selebaran berhasil, itu harus menarik perhatian pelanggan Anda. Jika pelanggan tidak membaca brosur Anda, Anda telah membuang waktu dan uang yang dihabiskan untuk memproduksinya. Pamflet yang menarik dan bermutu tinggi akan lebih sering diperhatikan dan diingat daripada pamflet yang kualitasnya lebih rendah, cetakannya jelek.
Cara lain untuk memanfaatkan anggaran pencetakan Anda untuk brosur adalah dengan menggunakan printer digital print on demand. Print on demand, digital printer memungkinkan Anda untuk mencetak brosur dalam jumlah berapa pun, tidak seperti printer offset yang mengharuskan Anda mencetak ratusan, bahkan ribuan eksemplar. Mengapa ini penting? Tidak bisakah sebuah bisnis mencetak semua selebaran dan perlahan-lahan menggunakan semuanya? Ya. Sebuah bisnis perlahan-lahan dapat menggunakan semua selebaran yang mereka pesan, namun penawaran yang ada di konten selebaran/brosur itu mungkin sudah tidak berlaku. Apalagi bisnis tidak akan mampu beradaptasi dengan perubahan pasar. Dengan cetak sesuai permintaan (Print on Demand), bisnis Anda dapat membuat 10 penawaran berbeda, dengan masing-masing 50 pamflet, alih-alih satu penawaran dengan 500 pamflet. Ini akan memungkinkan Anda untuk lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan bisnis saat ini.
Saat mencari perusahaan percetakan yang menawarkan pencetakan berkualitas dan kemampuan mencetak sesuai permintaan, penting untuk melihat di luar toko percetakan di lingkungan Anda. Ada banyak perusahaan percetakan online yang dapat memberi Anda keuntungan-keuntungan ini. Untuk memastikan bahwa perusahaan percetakan Anda adalah percetakan profesional yang berkualitas tinggi, mintalah test print terlebih dulu. Perusahaan percetakan mana pun akan memberi Anda contoh hasil cetak untuk menunjukkan kualitasnya.

Untuk mencetak brosur sendiri ukuran standarnya adalah ukuran A4 21 x 29.7 cm atau A5 15 x 21 cm. Meskipun mungkin tampak tidak sebesar yang dibayangkan, brosur dapat diatur dan dibentuk menjadi bahan cetak yang paling efektif dan ringkas.
Brosur juga biasanya dilipat dalam lipatan yang berbeda-beda tergantung kebutuhan. Lebar kertas dilipat menjadi dua atau tiga. Ada lipatan setengah, lipatan tiga, dan lipatan Z. Setiap lipatan membagi kertas dan membuat panel atau bagian di mana aliran informasi dapat diatur.
Lipatan setengah dapat diibaratkan seperti koran di mana seluruh kertas A4 dibagi menjadi dua. Lipatan trifold / lipatan tiga itu sendiri seperti ketika melipat surat, sedangkan lipatan Z itu bentuknya terbuka seperti akordeon – karenanya sering disebut lipatan Z. Seseorang dapat sepenuhnya memaksimalkan dampak pesan bahkan hanya dengan memutuskan lipatan apa yang akan digunakan untuk meletakkan materi.
Pencetakan brosur adalah media yang memudahkan Anda untuk menjangkau audiens Anda. Lipatan dalam brosur membuat brosur tersebut menjadi lebih ringkas, mudah dibawa dan juga memadatkan semua detail penting teks anda pada setiap panel yang ada. Pembaca dapat dengan mudah menelusuri brosur dan menyerap semua yang ada di dalamnya tanpa kewalahan.
