Apa Yang Kamu Perlu Tahu Tentang Desain Banner Yang Efektif

Periklanan digital mungkin sedang populer saat ini, namun tidak dapat disangkal bahwa teknik marketing tradisional masih tetap ada. Berjalan-jalanlah ke luar jika Anda memerlukan bukti – Anda bahkan tidak perlu berjalan jauh untuk melihat banner, poster, atau bahkan stiker jendela. Fakta bahwa Anda dapat melihatnya dimana-mana adalah bukti betapa efektifnya teknik marketing cetak ini dalam menarik perhatian Anda.

Untuk artikel ini, kami akan fokus pada banner fisik. Semua yang perlu Anda ketahui tentang mendesain signage jenis ini, akan kami bahas di sini.

Hal pertama yang penting adalah, untuk apa banner itu?

Alasan utama banner fisik berhasil bertahan dari pengambilalihan Internet adalah keserbagunaannya. Sama seperti banner digitalnya, banner fisik dapat digunakan untuk apa saja – jika Anda dapat menuangkan ide Anda ke dalam tulisan atau desain, toko percetakan pasti dapat mencetak banner tersebut untuk Anda.

Agar lebih mudah dipahami, kami mengelompokkan berbagai penggunaan banner custom ke dalam tiga tujuan utama:

Untuk meningkatkan lalu lintas

Tampilan di jendela bisa jadi menarik, namun menambahkan banner ke dalamnya dijamin akan menarik perhatian orang yang lewat. Hal ini terutama berlaku jika toko Anda berada di jalan yang ramai. Menampilkan spanduk yang menarik perhatian di jendela depan atau samping dapat membuat Anda menonjol dari etalase toko lainnya.

Untuk menyorot produk atau layanan tertentu.

Spanduk yang ditempatkan dengan baik akan menarik perhatian pada produk atau layanan Anda, baik Anda seorang pemilik restoran yang mempromosikan hidangan unggulan minggu ini, pemilik studio yang memamerkan koleksi musim ini, atau agen real estate dengan listingan properti yang menjanjikan.

Untuk mengumumkan suatu acara.

Mungkin Anda merencanakan obral besar-besaran pada musim liburan, atau bar Anda mengadakan malam open mic dan Anda ingin mendorong artis dari lingkungan Anda untuk datang. Mengungkapkan promo dan aktivitas publik Anda melalui banner adalah cara yang pasti untuk menyebarkan pesan!

Memiliki tujuan yang jelas akan sangat memudahkan dalam mendesain banner. Sebelum Anda mengambil buku sketsa, ambillah buku catatan dan pulpen terlebih dahulu. Buat daftar apa yang pada akhirnya ingin Anda capai dengan banner Anda. Percayalah pada kami – ini akan membuat seluruh proses lebih mudah.

Mendesain Banner Custom

Sekarang, mari kita mulai pada inti topik artikel kali ini. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika merancang banner yang efektif. Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, visual yang mengesankan saja tidak akan membuat calon pelanggan tertarik pada Anda. Beri tahu mereka apa yang harus mereka lalukan dengan menampilkan elemen-elemen berikut:

Logo bisnis

Logo Anda adalah wajah dari merek / brand Anda. Itulah yang membedakan Anda dari pesaing dan hal itulah yang membuat orang mengingat Anda. Anda tidak akan mempercayai seseorang jika Anda tidak tahu seperti apa penampilannya, bukan?

Nama perusahaan atau merek

Merek atau nama perusahaan Anda, baik itu kata-kata yang dibuat-buat atau plesetan dari inisial Anda dan mitra bisnis Anda, adalah yang memperkuat identitas Anda. Itu bukti bahwa Anda ada.

Tentu saja, beberapa merek barang-barang rumah tangga bisa saja mengabaikan elemen ini dalam iklan mereka, tapi itu karena mereka sudah memantapkan kehadirannya di pasar. Orang-orang tahu siapa dan apa diri mereka bahkan tanpa visualnya. Pengakuan semacam ini tidak terjadi dalam semalam, dan sampai Anda mencapai posisi tersebut, yang terbaik adalah menonjolkannya agar orang dapat mengenalinya dengan mudah.

Detail

Informasi kontak adalah suatu keharusan bagi setiap banner, apa pun isinya. Beri tahu orang-orang cara menghubungi Anda dengan menambahkan situs web, nomor telepon, atau kode QR yang berisi tautan media sosial jika Anda mau. Jika Anda mempromosikan suatu acara, cantumkan tanggal dan tempatnya. Mengadakan penjualan? Soroti berapa banyak yang dapat mereka hemat!

Setelah Anda memahami ketiga elemen penting tersebut, inilah cara Anda membuat audiens Anda terpesona.

Tipografi
Mengabaikan desain tipografi adalah salah satu kesalahan paling umum saat mendesain banner. Jenis huruf dapat memberi nilai lebih atau menghancurkan fungsional dari banner custom Anda. Bahkan font merek Anda, yang terlihat menakjubkan di situs web dan media sosial Anda, dapat terlihat sangat berbeda jika digunakan pada materi cetakan.

Saat mendesain signage format besar seperti banner, aturan praktisnya adalah menggunakan font sans serif karena mudah dibaca. Mengenai ukuran font, perlu diingat bahwa tinggi huruf 3 in hanya dapat dilihat dari jarak 30’. Menambahkan satu inci lagi akan menambah jarak baca sebesar 1′.

Materi
Menambahkan kata-kata bijak dan humor pada materi banner Anda adalah salah satu cara untuk membuat orang melirik untuk kedua kalinya, namun secara umum, lebih sedikit teks selalu lebih baik dalam hal periklanan.

Selalu berasumsi bahwa setiap orang yang melewati spanduk Anda sedang terburu-buru. Tidak ada seorang pun yang punya waktu untuk membaca teks panjang saat mereka sedang mengemudi, bersepeda, atau terburu-buru mengejar bus.

Berikut latihan yang dapat Anda coba: Tuliskan versi berbeda dari materi banner Anda dalam tujuh kata atau kurang, lalu bacalah dengan lantang satu per satu. Anda akan tahu mana yang harus Anda pilih setelahnya!

Warna
Para pemilik bisnis sekarang banyak yang sadar tentang pentingnya psikologi warna untuk signage dan materi pemasaran lainnya. Apapun warna yang Anda pilih, selalu pilih corak paling berani dan terang, lalu pilih warna kontras untuk latar belakang. Beberapa kombinasi yang bisa digunakan adalah:

  • Putih di atas hitam
  • Putih di atas merah
  • Kuning di atas merah
  • Biru di atas putih
  • Hijau tua di atas kuning
  • Kuning pada biru tua

Gambar-gambar

Jika Anda menambahkan gambar ke dalam banner Anda, ada beberapa poin teknis yang perlu Anda ingat. Gunakan file dengan resolusi minimal 300 dpi (untuk indoor) agar tidak buram atau berpiksel setelah banner dicetak. Anda dapat meminta bantuan toko percetakan banner jika Anda tidak memiliki perangkat lunak untuk mengonversi gambar. Untuk stok foto, pastikan Anda mendapatkannya dari sumbernya, bukan sekedar copy gambar dari hasil pencarian gambar di google.

Sekarang setelah Anda mengetahui cara mendesain banner yang efektif, Anda sudah siap untuk menarik lebih banyak pelanggan dan klien ke bisnis, organisasi, atau acara Anda. Untuk semua kebutuhan banner custom Anda, hubungi pakar pencetakan banner – FamousPrinting! Beri tahu kami jika Anda memiliki pertanyaan atau jika Anda ingin meminta penawaran khusus.