Cara Membuat Katalog Panduan Pembelian

Kita hidup di zaman di mana pelanggan tahu apa yang mereka inginkan begitu mereka tiba di showroom atau toko. Mereka tidak selalu dapat dibujuk untuk mencoba hal lain. Saat ini orang-orang melakukan riset, terutama saat membeli produk yang diharapkan dapat bertahan lama.

Panduan pembelian mengubah cara konsumen membelanjakan uang mereka. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap pembelian, mereka menggunakan panduan untuk mendapatkan informasi tentang produk-produk yang mereka ingin beli. Hal ini memungkinkan mereka untuk membuat keputusan berdasarkan informasi. Dengan begitu, mereka merasa lebih aman terhadap barang yang dibelinya.

Oleh karena itu, sangat mungkin orang mampir ke toko Anda tanpa niat untuk membeli. Beberapa akan berada di sana untuk mempelajari pilihan mereka. Itu sebabnya Anda harus menyiapkan panduan pembelian. Ketika tenaga penjualan dilengkapi dengan katalog produk, brosur, atau bahkan pamflet, mereka akan lebih mudah menangani masalah pelanggan.

Panduan Pembelian Seperti Apa yang Harus Saya Buat?

Sebelum Anda mulai membuat panduan pembelian, Anda perlu memutuskan jenis apa yang tepat untuk bisnis Anda.

Panduan Pembeli Pertama Kali

Jenis panduan ini tepat digunakan oleh orang-orang yang hanya tahu sedikit tentang apa yang akan mereka beli. Panduan ini berisi segala hal yang harus mereka pertimbangkan – mulai dari kekhawatiran umum hingga faktor-faktor rumit yang mungkin tidak mereka sadari. Saya telah melihat panduan pembelian rumah pertama kali serta panduan pembelian mobil pertama kali, tetapi sebenarnya ada banyak sekali panduan pembelian pertama kali di luar sana.

Panduan Perawatan Setelahnya

Ini biasanya disertakan dengan produk setelah dibeli, tetapi ada juga orang yang mencarinya secara terpisah. Sesuai dengan namanya, berisi daftar petunjuk cara merawat suatu produk dengan benar agar tahan lebih lama.

Mereka juga dapat dilihat di industri jasa. Beberapa salon tato, misalnya, memberikan panduan tentang perawatan tato yang benar setelah prosedur dilakukan.

Panduan Perbandingan

Ketika pembeli terjebak dalam memutuskan antara dua produk atau lebih, panduan perbandingan adalah sumber yang baik untuk dimiliki. Mereka biasanya terlihat di toko-toko yang menjual barang elektronik yang mengutamakan setiap spesifikasi.

Panduan ini memungkinkan pengguna melakukan perbandingan secara berdampingan untuk melihat produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Produk Tambahan

Beberapa panduan hanya ada untuk memperkenalkan pembeli pada produk yang melengkapi produk yang baru saja mereka beli. Upselling dapat membantu bisnis menghasilkan pendapatan tambahan dan panduan pembelian adalah cara terbaik untuk melakukan hal itu.

Apa yang Harus Disertakan dalam Panduan Pembelian?

Agar panduan pembelian menjadi efektif, Anda harus mengemas informasi berguna sebanyak mungkin. Cara Anda menyajikan panduan sepenuhnya terserah Anda, tetapi biasanya, panduan pembelian akan mencakup bagian berikut:

Perkenalan

Bagian besar dari panduan Anda harus disediakan untuk pendahuluan. Di sinilah Anda menyatakan judul yang menjelaskan tentang panduan Anda. Saya menyarankan Anda untuk menjaga agar judul Anda tetap sederhana. “Panduan Membeli Laptop untuk Pelajar”, misalnya, adalah cara yang bagus untuk memulai panduan tentang laptop bagi pelajar yang memiliki anggaran terbatas.

Menambahkan gambar yang menarik adalah suatu keharusan untuk benar-benar menarik perhatian mereka. Seperti judul Anda, desain panduan Anda harus dibuat sederhana. Panduan yang rumit akan mematikan minat pembaca.

Ringkaslah dalam satu atau dua kalimat apa yang diharapkan pelanggan setelah membaca.

Daftar isi

Tidak semua panduan pembelian memiliki bagian daftar isi. Namun jika panduan Anda sangat panjang, Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkannya. Cobalah untuk membagi konten Anda menjadi beberapa bagian jika memungkinkan.

Bagian utama

Ceritakan sesuatu tentang produk yang ditampilkan dalam panduan dan manfaat penggunaannya. Jangan lupa untuk menyertakan informasi penting seperti harga, spesifikasi produk, tempat mereka dapat membeli, detail kontak, dan detail spesifik lainnya yang mungkin dibutuhkan pelanggan.

Alat peraga

Menambahkan alat bantu visual dalam panduan pembelian Anda akan membantu menyampaikan maksud Anda. Sertakan grafik, bagan, atau gambar yang mendukung setiap klaim yang Anda buat tentang produk Anda.

Segera setelah Anda menyiapkan desain panduan pembelian konsumen, mintalah kami Famous Printing Surabaya menangani pencetakannya untuk Anda. Biasanya dicetak sebagai katalog, namun panduan dengan isi lebih pendek dapat dicetak sebagai brosur atau pamflet.