Komunikasi dan internet memiliki hubungan yang kuat. Internet telah mengubah hampir seluruh materi komunikasi. Semua jenis komunikasi formal dan informal terutama dalam ranah bisnis sangat terpengaruh oleh Internet. Apakah itu sesuatu yang berhubungan dengan komunikasi antara organisasi dan pelanggannya atau antara satu organisasi dengan organisasi lainnya, semua telah dipercepat dengan penggunaan internet.
Desain brosur bukan hanya alat pemasaran tetapi juga sumber komunikasi penting antara organisasi dan pelanggannya. Apakah itu brosur perusahaan atau brosur promosi, brosur berfungwi mengkomunikasikan banyak hal tentang organisasi kepada audiens targetnya. Kehadiran internet yang ajaib juga memengaruhi keberadaan brosur.
Awalnya desain brosur digunakan dalam bentuk cetak, namun keberadaan Internet memunculkan brosur elektronik. Tujuan dari desain brosur fisik maupun desain brosur elektronik masih sama tetapi kepentingannya telah meningkat secara signifikan. Keduanya digunakan secara bersamaan. Banyak orang lebih suka menggunakan brosur cetak dan banyak yang lebih suka menggunakan brosur elektronik.
Mari kita bahas manfaat kedua jenis desain brosur tersebut agar memiliki pemahaman yang jelas tentang alat pemasaran dan komunikasi ini. Brosur elektronik adalah versi lanjutan dari brosur cetak. Mereka membuat proses komunikasi lebih mudah dan lebih cepat. Tidak seperti brosur cetak, dibutuhkan lebih sedikit waktu untuk menjangkau audiens target. Beberapa klik membuat Anda mencapai audiens target Anda. Dengan demikian, brosur elektronik menghemat banyak waktu di bagian organisasi. Ini juga mengurangi kerumitan selama proses.
Cetak brosur memerlukan tambahan biaya cetak yang menuntut anggaran besar. Kualitas kertas paling penting. Jika sebuah brosur memiliki desain yang menarik tetapi kualitas kertas cetaknya tidak bagus maka kesan profesional brosur tersebut akan hilang. Organisasi yang memiliki anggaran rendah untuk membuat brosur cenderung berkompromi pada elemen desainnya untuk menghemat anggaran proses pencetakannya.
Biaya pencetakan dihilangkan dalam kasus brosur elektronik; dengan demikian, semua uang dihabiskan hanya untuk proses perancangan desain brosur-nya. Ini membantu dalam meningkatkan nilainya. Desain brosur elektronik mencerminkan bahwa organisasi tersebut berpengalaman dengan teknologi dan ini menciptakan kesan yang baik tentang kompetensi brand organisasi tersebut di depan audiens targetnya. Berurusan dengan teknologi bukanlah tugas yang mudah. Ada banyak hal penting dan rumit yang perlu dicermati saat membuat brosur elektronik.
Brosur elektronik lebih hemat biaya daripada brosur cetak tetapi ada batasan tertentu pada penggunaan brosur elektronik ini. Mereka tidak dapat digunakan untuk komunikasi dengan pelanggan. Anda tidak dapat memiliki alamat email dari semua pelanggan target Anda untuk mengirimkan brosur elektronik kepada mereka. Lain halnya jika brosur elektronik ini digunakan untuk komunikasi dengan rekan bisnis, maka brosur elektronik sangat efektif dan layak daripada desain brosur cetak.
Brosur cetak banyak digunakan untuk tujuan promosi. Mereka ditujukan untuk menarik target pelanggan; dengan demikian, mereka adalah cara mudah untuk menjangkau sejumlah besar pelanggan. Apapun desain brosur Anda, baik elektronik atau cetak, tujuannya adalah untuk mempromosikan bisnis Anda; dengan demikian desain brosurnya haruslah sinkron dengan sifat bisnis Anda.
