Rahasia Besar Cara Menghemat Biaya Cetak Anda – Selamanya

Artikel kali ini akan mengungkap rahasia besar cara menghemat biaya cetak. Tentunya banyak perusahaan percetakan yang berharap anda tidak akan pernah mengerti hal-hal ini. Apa saja rahasianya? Simak di bawah ini!

Bisakah Semua Perusahaan Percetakan Melakukan Pekerjaan yang Sama?

Berdasarkan terutama pada peralatan yang mereka miliki, perusahaan percetakan beroperasi dalam segmen pasar tertentu.

Beberapa menyediakan layanan percetakan full color sementara yang lain jauh lebih unggul ketika mencetak dalam beberapa warna saja (offset printing). Beberapa jauh lebih cocok jika mencetak dalam jumlah banyak sekaligus, dan beberapa lebih cocok jika mencetak dalam jumlah sedikit. Beberapa perusahaan percetakan menyediakan layanan desain grafis sementara yang lain hanya mencetak dari file yang disediakan pelanggan.

Bisnis percetakan sangat kompetitif, jadi Anda perlu menyadari bahwa beberapa percetakan akan melebih-lebihkan kemampuan mereka dan juga kapasitas peralatan mereka, hanya untuk mendapatkan order dari Anda. Akibatnya jika anda memesan dari mereka maka biaya pencetakan Anda mungkin terlalu mahal, tidak memenuhi waktu pengiriman dan kualitasnya mungkin kurang sempurna.

Bagaimana Saya Menemukan Perusahaan Percetakan yang Tepat?

Dengan begitu banyak perusahaan percetakan yang dapat anda pilih, kemungkinan Anda menemukan percetakan yang tepat cukup tipis.

Kualitas, harga, dan layanan sangat bervariasi antara perusahaan percetakan. Anda pasti kesulitan dalam menemukan percetakan yang tepat untuk Anda, kecuali jika Anda mencari bantuan. Cobalah untuk menemukan seseorang yang telah memiliki banyak pengalaman bekerja di industri percetakan.

Mana yang Paling Penting, Layanan atau Harga?

Sebagian besar perusahaan percetakan dapat menghasilkan cetakan yang “paling tidak” dapat diterima, jika tidak tentunya mereka tidak dapat lanjut berbisnis.

Saat mencari perusahaan percetakan, mulailah dengan layanan. Dengan begitu banyak pesaing, perusahaan percetakan memperluas layanan nilai tambah dan manfaat unik mereka untuk mencoba dan mempertahankan diri di depan para pesaing. Semakin sedikit yang Anda ketahui tentang proses pencetakan, semakin banyak bantuan yang Anda perlukan dari seorang ahli.

Masalahnya adalah menemukan orang yang akan mengajari Anda, jadi mulailah dengan mencari perusahaan percetakan yang benar-benar menghargai klien dan bersedia bekerja keras untuk mempertahankan kerjasama yang baik dengan klien-kliennya.

Apakah Penting di mana Perusahaan Percetakan berada?

Jangan ragu untuk mencari perusahaan percetakan di luar area terdekat Anda.

Selama mereka memberikan apa yang Anda inginkan, ketika Anda menginginkannya dengan harga yang sesuai budget, tentunya tidak masalah di mana mereka berada. Anda dapat mengirim file Anda melalui email ke sebagian besar perusahaan percetakan. Dan, selama pesanan anda tiba tepat waktu, siapa yang peduli jika percetakan tersebut berada di pinggiran kota atau bahkan di kota lain dari tempat tinggal anda.

Bagaimana dengan Quantity Breaks?

Berkat teknologi baru dan munculnya mesin cetak digital, anda tidak perlu lagi kuatir masalah minimum kuantiti. Teknik cetak digital memampukan anda untuk mencetak dalam jumlah satuan sekalipun, sehingga Anda dapat mencetak jumlah persis seperti yang diperlukan.

Menentukan jumlah cetak tetap menjadi salah satu hal yang sulit bagi pembeli.

Bersikaplah konservatif saat memperkirakan kuantitas Anda. Coba tentukan kira-kira berapa lama masa pakai barang cetakan anda, dan cetak hanya yang Anda butuhkan. Studi menunjukkan bahwa sekitar 30% dari produk cetak terbuang percuma. Berdasarkan statistik ini, bila anda mencetak majalah / brosur dalam jumlah besar hingga menghabiskan 3jt rupiah, maka bukan tidak mungkin anda sudah membuang 1jt secara percuma.

Luangkan waktu untuk memperkirakan jumlah yang Anda butuhkan, seakurat mungkin, untuk menghemat uang. Meskipun biaya cetak per unit turun seiring dengan penurunan jumlah cetak, Anda masih akan membuang uang jika Anda tidak menggunakan semua dokumen, terlepas dari betapa murahnya mereka. Apalagi sisanya hanya akan menjadi sampah.

Siapa yang Bertanggung Jawab Untuk Detail?

Setiap informasi tentang pekerjaan cetak Anda dapat mempengaruhi proses produksi dan waktu pengiriman.

Variasi dalam jumlah cetak, jumlah warna, stok kertas, finishing, hiasan, penjilidan, dll akan mempengaruhi harga akhir. Bahkan perbedaan kecil dalam ukuran cetak dapat memiliki pengaruh dramatis pada harga. Pastikan orang yang bertanggung jawab atas pencetakan Anda memiliki perhatian yang tajam terhadap detail.

Mengapa Saya Perlu Mengetahui Segala Sesuatu Tentang Pencetakan, Bisakah Percetakan Menyelesaikan Semuanya?

Benar memang bahwa percetakan dapat menyelesaikan semuanya. Tapi, bila anda tidak memahami tentang seluk beluk percetakan, misalnya tentang bahan, finishing dan sebagainya, maka hasilnya tidak akan sesuai dengan mau anda.

Jika Anda mampu, coba saja pekerjakan karyawan yang cukup berpengalaman dalam percetakan. Karena agar dapat menghasilkan produk cetak persis seperti yang dikehendaki dengan budget yang cukup, perlu mereka yang berpengalaman, yang sudah banyak bekerja dengan semua jenis dokumen cetak & perusahaan percetakan, memiliki pengetahuan teknis, dan mengikuti perkembangan teknologi pencetakan baru.

Apakah Saya Mendasarkan Pilihan Saya pada Peralatan atau Layanan?

Percetakan sebenarnya adalah bisnis jasa.

Menganggapnya sebagai bisnis manufaktur itu berarti akan mengabaikan kebutuhan pelanggan. Hampir semua hal tampak sama dilihat dari sisi manufaktur. Karena itu bekerja sama dengan percetakan profesional yang mengutamakan layanan pelanggan dan bekerja lebih keras untuk pelanggannya, adalah ide yang bagus.

Jika Anda merasa tidak nyaman berbicara dengan pihak percetakan Anda, kerjasama tersebut tidak akan berhasil. Bagi sebagian besar perusahaan yang hendak mencetak, sales representatif dari percetakan adalah pencetak itu sendiri. Temukan sales representatif yang cocok dengan Anda dan kembangkan rasa saling percaya dan saling menghormati.