Ada banyak langkah penting untuk kesuksesan bisnis, tetapi ada dua langkah yang mau tidak mau harus dilakukan oleh semua bisnis. Pertama, Anda perlu membangun merek Anda, dan kedua, Anda perlu mengiklankan merek Anda.
Setiap tahun, perusahaan menuangkan puluhan juta sampai milyaran rupiah untuk mengiklankan dan memasarkan merek mereka, dalam rangka memantapkan eksistensi mereka di pasar. Mereka mengiklankan, memasarkan, dan memberi merek segala sesuatu mulai dari pakaian hingga pulpen dan cangkir kopi.
Tapi bagaimana dengan tas?
Kebanyakan orang tidak memikirkan tas yang mereka bawa pulang dari toko. Karena dulu banyak dari mereka beranggapan tas-tas tersebut tidak berguna, pelanggan mungkin menggunakannya untuk membersihkan hewan peliharaan keluarga, atau membuangnya untuk didaur ulang. Namun, saat ini banyak perusahaan telah melihat tas cetak custom sebagai peluang pemasaran yang penting yang sangat disayangkan jika dilewatkan.
Artikel Desember 2007 di New York Times membahas bagaimana pengecer besar seperti Lord & Taylor, Bergdorf Goodman, Macy’s dan Juicy Couture beralih dari tas sekali pakai. Sebaliknya, mereka berinvestasi dalam tas cetak custom berkualitas tinggi yang tidak hanya disukai pelanggan mereka, tetapi juga digunakan berulang kali.
Tas cetak custom memberi perusahaan Anda eksposur tambahan di pasar yang kompetitif. Menjaga komitmen terhadap kualitas dengan menyediakan tas custom yang sesuai dengan kualitas produk yang dibeli pelanggan.
Tas tersebut akan digunakan kembali suatu saat dan pelanggan potensial lainnya akan melihat tas itu dengan nama dan logo Anda. Dan yang lebih penting, mereka akan mengasosiasikan perusahaan Anda dengan kualitas. Pelanggan juga mengingat tas yang mereka terima dari Anda, dan itu akan menjadi faktor keputusan belanja di masa mendatang. Tas custom print dapat membantu mendorong loyalitas pelanggan.
Saat Anda memesan tas cetak custom, berikut adalah tiga hal yang perlu Anda perhatikan.
1) Tas Cetak Customnya mau difungsikan untuk apa?
Lebih dari segalanya, penggunaan tas Anda akan memengaruhi pilihan yang Anda miliki dalam hal bahan dan kuantitas. Bergantung pada penggunaan yang Anda pikirkan, beberapa bahan akan lebih cocok daripada yang lain.
Contohnya salah satu LAPAS ingin membuat tas custom untuk para tahanan. Karena dia menginginkan tas yang dapat digunakan kembali, itu tidak bisa berupa kertas, jadi lebih baik pakai bahan vinil. Namun, tentunya tas vinil ini tidak bisa memberikan tas vinil kepada tahanan apa adanya, karena mungkin dipakai untuk membunuh narapidana yang lain. Jadi, desain tas yang dibuat harus banyak lubang di dalamnya.
Meskipun ini adalah contoh ekstrem, ini menggambarkan pentingnya perencanaan untuk tujuan penggunaan tas cetak kustom Anda. Ini membantu pemasok tas memutuskan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda.
2) Berapa banyak yang Anda butuhkan?
Jumlah tas yang Anda butuhkan memainkan peran penting dalam apa yang dapat dilakukan pemasok tas untuk Anda. Ini adalah sesuatu yang ingin diketahui pemasok Anda bahkan sebelum Anda membahas bahan untuk tas Anda. Tas cetak custom tertentu tidak dapat diproduksi dengan hemat biaya dalam jumlah kecil.
Biayanya relatif sama bagi percetakan untuk memulai mencetak, apakah mereka mencetak satu kantong atau 100.000 kantong.
Misalnya, jika Anda ingin mencetak gambar toko Anda di tas Anda, tetapi Anda hanya menginginkan 100 tas, biaya pencetakannya adalah 100.000 per tas. Itu sama sekali tidak layak untuk Anda atau pemasok tas Anda. Namun, jika Anda memesan 1000 atau 10.000 tas cetak custom tersebut, biaya per tas akan turun drastis.
3) Bahan tas dari kertas, plastik, atau vinil?
Setelah pemasok tas menetapkan penggunaan dan jumlah tas Anda, maka inilah saatnya untuk mempertimbangkan bahan mana yang Anda sukai, apakah itu kertas, plastik, atau vinil. Misalnya, jika Anda pergi ke pameran dagang, tas kertas kelas atas dengan pegangan tali adalah pilihan yang sangat baik. Anda juga bisa membuatnya mengkilap atau matte untuk gambar yang lebih kompleks.
Pemasok tas Anda akan dapat memandu Anda dalam memilih bahan terbaik untuk kuantitas tas cetak custom Anda. Meskipun bahan pilihan pertama Anda tetap dapat dicek, tapi mungkin ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, paper bag di bawah jumlah tertentu tidak bisa dibuat custom size. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan ukuran custom tersebut, diskusikan dengan pemasok tas Anda untuk menemukan solusi yang bisa diterapkan.
Tandai merek Anda dengan tas cetak custom
Ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memesan tas cetak custom. Pilih tas Anda dengan baik, dan mereka tidak hanya berguna untuk memindahkan produk Anda dari titik A ke titik B, tetapi pelanggan Anda akan terus menggunakannya, yang akan mengurangi biaya iklan Anda.