Tips Untuk Membuat Brosur Yang Efektif

Dengan meningkatnya penggunaan website perusahaan dan jejaring sosial, Anda mungkin tidak menyadari betapa efektifnya brosur untuk strategi pemasaran Anda. Alat promosi ini akan memberikan dampak yang signifikan jika digunakan untuk menyebarkan informasi produk dan layanan. Sebagai pembelajaran dari presentasi, seminar, dan konferensi, brosur mengingatkan calon pelanggan akan layanan dan produk Anda bahkan saat mereka tidak berada di dekat komputer.

Berikut beberapa tip tentang cara menjadikan brosur Anda alat yang efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.

Kenali Audiens Anda

Prinsip dasar dalam membuat brosur yang efektif adalah menargetkan audiens yang ingin Anda jangkau dengan tepat. Lihat lebih dari sekadar kategori demografi dasar seperti jenis kelamin atau usia. Misalnya, perusahaan yang memproduksi perlengkapan merenda ataupun salon kecantikan mungkin masing-masing sama-sama menarik bagi audiens wanita. Namun, brosur mereka harus menargetkan segmen populasi perempuan yang berbeda.

Lihat lebih dari sekadar kategori demografi dasar seperti jenis kelamin atau usia.

Dalam kebanyakan kasus, Anda perlu melakukan penelitian untuk benar-benar menentukan siapa target audiens Anda. Jika bisnis Anda sehat dan pendapatannya kuat, Anda mungkin puas dengan memfokuskan brosur dan upaya pemasaran lainnya kepada pelanggan Anda saat ini dan orang-orang seperti mereka. Namun, jika Anda ingin mengembangkan bisnis, Anda mungkin perlu menjangkau lebih dari sekadar audiens yang sudah ada sekarang untuk meningkatkan basis pelanggan Anda. Brosur Anda harus mencerminkan hal itu.

Tekankan Daya Tarik Visual

Lebih dari segalanya, brosur bersifat visual. Karena konten Anda sangat penting, teks brosur Anda harus mengkomunikasikan apa yang bisnis Anda dapat lakukan untuk pelanggan atau klien Anda secara ringkas dan persuasif. Namun, copywriting terbaik pun tidak akan terbaca jika brosur Anda tidak menarik secara visual. Sertakan foto produk Anda jika Anda menjual barang berwujud. Pertimbangkan foto diri Anda bersama klien (dengan izinnya) jika Anda menyediakan layanan daripada menjual barang.

Jangan memenuhi brosur Anda dengan elemen-elemen yang kurang penting. Apa yang mungkin Anda anggap sebagai ruang kosong sebenarnya adalah ruang untuk teks dan grafik Anda. Anda tidak perlu berlebihan dan mengisi seluruh area kosong atau menggunakan huruf setinggi dua inci. Teks, grafik, dan ruang kosong dalam desain Anda harus berkoordinasi satu sama lain untuk menghasilkan tampilan koheren yang menyampaikan pesan secara efisien.

Ciri khas brosur adalah lipatannya. Pelajari cara memasukkan lipatan ini ke dalam desain brosur Anda. Misalnya, jika Anda ingin menampilkan produk tertentu dan memberikan informasi rinci tentang kegunaannya, Anda mungkin ingin menggunakan model brosur lipat. Menempatkan produk Anda di panel tengah berfungsi sebagai sorotan yang menonjolkan produk Anda. Anda kemudian dapat melanjutkan untuk menulis informasi yang relevan di sekitarnya.

Koreksi dan Perbarui

Sudah jelas bahwa salinan brosur Anda harus bebas dari kesalahan. Bacalah dua kali, lalu ulangi lagi. Simpan draft brosur Anda semalaman, lalu baca lagi. Anda tidak hanya memeriksa kesalahan ketik dan kata yang salah eja, tetapi juga salinan yang tidak menonjolkan bisnis Anda secara maksimal. Selain itu, periksa foto dan grafik yang tidak berada di tengah, tidak jelas, atau gagal menambah daya tarik visual.

Untuk membuat brosur yang efektif, biarkan teman atau kolega mengoreksi pekerjaan Anda.

Setelah Anda memeriksa brosur Anda dengan cermat, biarkan teman atau rekan terpercaya melihatnya. Memang sesama profesional dapat memberikan pendapat yang obyektif dengan sudut pandang sesama pelaku bisnis. Namun, pendapat seseorang yang tidak ada hubungannya dengan bisnis atau perusahaan Anda juga bisa berharga. Mereka dapat berfungsi sebagai wakil bagi calon pelanggan. Jika brosur Anda tidak memberikan kesan positif pada teman atau tetangga Anda, mungkin Anda harus mempertimbangkan kembali desain brosur Anda, isinya, atau keduanya.

Famous Printing menawarkan beberapa opsi yang dapat disesuaikan untuk membuat brosur yang efektif. Lihat halaman pencetakan brosur kami untuk memulai kampanye pemasaran brosur Anda hari ini.