10 Komponen Dasar Penulisan Naskah Iklan (Copywriting) Yang Efektif

Naskah iklan atau Copywriting adalah tentang menjual sebuah ide, jadi penulisan naskah iklan yang hebat adalah tentang berhasil membuat audiens Anda membeli ide tersebut. Meskipun media pemasaran Anda dapat menarik perhatian karena desain dan tata letaknya, copywriting-lah yang menyegel kesepakatan dengan target pasar Anda. Copywriting dapat tentang membuat mereka membeli produk Anda, menjadi pendukung brand Anda, atau mendaftar di milis Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan Anda melalui penulisan copywriting yang hebat pada alat pemasaran Anda, berikut adalah diagram dasar dari penulisan naskah iklan yang menjual:

Tentukan tujuan Anda

Saat menulis naskah iklan yang hebat, Anda perlu menetapkan tujuan, yakni apa yang ingin Anda capai melalui media pemasaran Anda. Seperti yang disebutkan, tujuannya dapat tentang melakukan penjualan dengan mereka atau mendapatkan prospek yang akan dikonversi menjadi transaksi di masa mendatang.

Satu hal yang perlu diingat di sini adalah bahwa tujuan tersebut perlu dan akan selalu berkaitan dengan audiens Anda.

Untuk dapat melakukan ini, serta mengetahui nada penulisan dan hal-hal yang diperlukan untuk penulisan naskah iklan yang efektif, cobalah menuliskan sesuatu yang memuaskan kebutuhan audiens Anda. Tempatkan diri Anda pada posisi audiens dan tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat Anda manfaatkan dari produk dan layanan yang ditawarkan. Pertimbangkan demografi audiens Anda untuk menulis nada yang tepat yang diperlukan untuk menyampaikan pesan Anda. Sebutkan proposisi penjualan unik produk Anda sebagai manfaat yang akan mereka terima dari produk Anda.

Menepati janji Anda

Judul dan subjudul dari materi iklan Anda harus menarik minat audiens dan membuat mereka berekspektasi terhadap produk yang Anda jual. Meskipun Anda mungkin menggunakan kontroversi dan kata-kata yang memainkan emosi untuk menarik perhatian orang, pastikan bahwa salinan Anda harus menyampaikan ide konkret yang mencerminkan pesan yang disajikan dalam materi iklan Anda.

Katakan apa yang Anda maksud

Penulisan naskah yang efektif memperjelas ambiguitas. Menyingkirkan kekacauan dalam kalimat Anda memungkinkan Anda untuk mengekspresikan ide Anda dengan lebih jelas.

Bersikaplah aktif

Menggunakan kalimat aktif alih-alih kalimat pasif memperkuat nada dan memadatkan copywriting Anda. Kalimat aktif menghasilkan kalimat yang lebih pendek dan lebih kuat.

Percayai apa yang Anda tulis

Sebagai seorang penulis, Anda mungkin terpaksa berbicara tentang suatu produk atau layanan yang tidak begitu Anda sukai. Jika demikian, lakukan segala hal untuk mendorong diri Anda sendiri tentang topik tersebut. Teliti dan temukan sudut pandang yang mungkin terkait dengan minat Anda yang dapat Anda gunakan sebagai titik awal dalam mempelajari produk tersebut. Pada akhirnya, Anda harus menulis bukan hanya karena Anda harus melakukannya, tetapi juga karena Anda ingin melakukannya.

Pilih kata-kata yang tepat

Di antara banyak cara untuk menulis naskah Anda, Anda harus memilih salah satu yang paling tepat menyampaikan ide Anda. Ini berkaitan dengan pilihan kata-kata Anda. Gunakan kamus setiap saat untuk menentukan kata mana yang harus digunakan.

Kurangi jumlah kata

Semakin pendek naskah Anda, semakin cepat pesan tersebut tersampaikan kepada audiens Anda.

Tonjolkan sisi positifnya

Akan ada sesuatu yang ditawarkan pesaing Anda jauh lebih baik daripada produk atau layanan Anda. Untuk menghindari risiko mengungkap kekurangan Anda, tonjolkan kelebihan Anda. Fokuslah untuk menonjolkan kelebihan produk atau layanan Anda, ini seharusnya akan menutupi kekurangannya.

Sertakan item yang dapat ditindaklanjuti

Di akhir alat pemasaran Anda, dorong audiens Anda untuk melakukan tindakan berdasarkan sasaran yang ingin Anda capai. Penting untuk menunjukkan satu sasaran, bukan beberapa hal yang harus dilakukan audiens Anda. Dengan membatasi ajakan bertindak, Anda mengarahkan audiens ke item yang tidak boleh terlewatkan dan dapat segera mereka lakukan.

Edit, edit, edit

Kunci penulisan naskah copywriting yang efektif adalah terus menyempurnakan materi iklan Anda hingga menghasilkan versi terbaik. Tinjau ulang teks untuk menghindari kesalahan tata bahasa dan penghilangan kata. Pastikan juga pilihan kata Anda tepat dan paling menggambarkan apa yang ingin Anda ungkapkan.

Untuk mencapai hasil maksimal untuk materi iklan Anda, biarkan materi yang sudah jadi tersebut selama satu atau dua hari sebelum mereviewnya ulang. Dengan cara ini, Anda akan memiliki pikiran yang lebih segar dan pendekatan yang lebih kritis saat membaca ulang materi iklan Anda.

Terapkan

Apa gunanya tahu banyak kalau Anda tidak akan menerapkannya? Dengan Famous Printing, kami memberi Anda kesempatan untuk menggunakan keterampilan copywriting yang baru Anda peroleh dengan produk cetak kami.

Kami sangat merekomendasikan pencetakan brosur kami untuk kebutuhan pemasaran Anda. Ini adalah kertas lipat yang berisi gambar dan informasi yang mempromosikan bisnis Anda.

Gunakan produk cetak ini untuk menerapkan keterampilan copywriting yang baru dipelajari dan mulailah menarik perhatian audiens ke produk atau layanan Anda. Baca “12 hal yang perlu dipertimbangkan dalam mendesain brosur yang efektif” untuk kiat tambahan tentang cara menyampaikan brosur Anda kepada orang yang tepat.