Iklan pada media cetak menggunakan desain teks dan gambar, yang terdiri dari naskah iklan dan elemen visual. Keduanya bekerja sama untuk menyampaikan suatu pesan kepada masyarakat / target pasar.
Namun, ada beberapa kasus ketika hanya teks saja atau gambar saja yang digunakan pada iklan cetak. Tujuannya bukan hanya sekedar style iklan, penggunaan desain teks saja dan gambar saja membantu Anda mengidentifikasi pasar Anda dengan lebih efektif. Beberapa orang bereaksi positif terhadap gambar pada iklan cetak daripada teks, sementara yang lain justru sebaliknya. Sebagai pemilik usaha kecil, Anda harus menentukan mana di antara keduanya yang lebih cocok dengan target pasar Anda.
Memanfaatkan desain teks dan gambar atau salah satu dari keduanya bergantung pada apa yang terbaik untuk pasar Anda. Untuk memutuskan desain mana yang harus digunakan, berikut adalah deskripsi dari kedua iklan cetak tersebut:
Iklan Cetak Gambar
Iklan cetak gambar menyampaikan pesan Anda ke target pasar Anda dengan lebih cepat karena menggunakan visualisasi untuk menyampaikan pesannya. Berbeda dengan membaca teks, gambar lebih mudah diproses dan dipahami. Faktanya, audiens Anda tidak perlu belajar cara membaca untuk memahami gambar. Hasilnya, iklan cetak visual akan menjangkau audiens pasar yang lebih luas, yang meningkatkan peluang Anda untuk menarik perhatian orang-orang terhadap bisnis Anda.
Untuk memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana gambar dapat berdiri sendiri pada iklan cetak Anda, coba lihat beberapa iklan gambar berikut ini
Namun, pepatah, “Sebuah gambar bernilai seribu kata,” mengandung kebenaran, karena ia mengomunikasikan pesannya menggunakan bahasa yang tidak terkandung dalam kata-kata. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa gambar yang digunakan cukup kuat untuk menyampaikan pesan yang konkret. Jika Anda gagal mendesain iklan cetak Anda dengan benar menggunakan gambar, gambar juga dapat memiliki seribu makna tergantung pada persepsi pemirsa terhadap apa yang mereka lihat. Alih-alih baik, persepsi masyarakat yang salah terhadap konten iklan Anda, malah dapat menghancurkan brand Anda.
Iklan Cetak Teks
Tidak seperti iklan cetak gambar yang tunduk pada persepsi, iklan cetak teks langsung dan tepat dalam menyampaikan pesan. Hal ini karena kata-kata disusun dalam bentuk yang paling persuasif untuk tidak hanya mengekspresikan pesan pemasaran, tetapi juga untuk mempengaruhi keputusan pembaca untuk menjadi pelanggan atau pendukung merek / brand Anda.
Gaya penulisan ini disebut copywriting dan digunakan untuk mengiklankan suatu produk atau layanan ke pasar. Untuk mempelajari cara menulis copywriting yang hebat untuk iklan cetak Anda, baca “10 Building Blocks to Great Copywriting.”
Di sisi negatifnya, copywriting perlu dibaca dan dianalisis; dengan demikian, dibutuhkan lebih banyak waktu dari audiens mereka untuk menyerap pesannya.
Kesimpulan yang dapat diambil:
Iklan hanya teks bekerja lebih baik pada kartu nama lebih cocok jika Anda akan mencetak kartu nama dan alat pemasaran berukuran kecil lainnya.
Untuk poster dan spanduk vinil yang ditempatkan di area dengan lalu lintas tinggi, Anda dapat memilih untuk menggunakan desain teks dan gambar. Namun, iklan cetak gambar bekerja paling baik untuk cetakan format besar ini karena audiensnya biasanya sedang bepergian dan terburu-buru.
Melakukan riset pada target pasar akan membantu Anda mengetahui pendekatan yang perlu Anda ambil untuk desain cetak Anda. Anda dapat melakukan ini dengan membuat mock-up atau gambaran sederhana tentang seperti apa tampilan iklan Anda, lalu memanggil sekelompok orang secara acak di pasar Anda untuk memberi tahu Anda apa pendapat mereka tentang iklan Anda.