Pemilik bisnis cenderung mengabaikan pemasaran amplop dari kampanye marketing mereka. Karena amplop dicetak dengan alamat penerima di bagian belakang dan menyertakan undangan atau kartu yang akan dikirim, amplop dipandang hanya sebagai wadah dari pesan pemasaran Anda.
Namun, amplop dapat menambahkan dimensi lain pada upaya marketing Anda. Mirip dengan lipatan sampul brosur, Anda dapat menerapkan teknik pemasaran yang berbeda melalui amplop untuk mendorong penerima membukanya guna membaca isinya. Semuanya tergantung pada bahan yang digunakan dan desain amplop.
Berikut adalah saran tentang cara meningkatkan tampilan amplop untuk menarik perhatian penuh dari target audiens Anda :
Bahan untuk pemasaran amplop yang efektif
Terlepas dari desainnya, beberapa amplop lebih bagus daripada yang lain karena kualitas kertas yang digunakan. Karena amplop menampung surat di dalamnya dan dikirim serta diangkut melalui pos, sangatlah ideal jika amplop Anda dicetak pada kertas tebal. Hal ini tidak hanya menjaga agar undangan atau kartu di dalam amplop tetap utuh, tetapi juga menampilkan desain amplop dengan lebih jelas karena kekokohannya.
Ukuran juga harus menjadi faktor dalam pemasaran amplop Anda. Pastikan bahwa isinya harus pas di dalam amplop. Berikut ini adalah beberapa ukuran amplop populer yang tersedia di Famous Printing dan ukuran kertas yang sesuai untuk dimasukkan di dalamnya.
Uk. Amplop 4,75″ x 6,5″ (A6) – ukuran kertas / kartu 4,25″ x 6″
Uk. Amplop 5,25″ x 7,25″ (A7) – ukuran kertas / kartu 5″ x 7″
Uk. Amplop 9″ x 12″ – ukuran kertas / kartu 8,5″ x 11″
Uk. Amplop 6″ x 9″ – ukuran kertas / kartu 5,5″ x 8,5
Desain Amplop
Sebagai alat pemasaran, tampilan Amplop sangat penting untuk diperhatikan, tujuannya agar tetap konsisten dengan identitas merek Anda.
Bagi amplop yang tidak dikirim melalui pos dan malah diberikan langsung kepada penerima, Anda dapat mendesain amplop tanpa mengikuti aturan pos. Berikut ini adalah kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk memberikan kesan terbaik kepada penerima melalui pemasaran amplop Anda.
Lebih sedikit berarti lebih baik – Minimalisme telah mengajarkan kita untuk menyisakan ruang di antara elemen-elemen desain dan memilih warna-warna solid namun mencolok untuk mencapai efek yang hebat pada media cetak kita. Konsep yang diterapkan di balik teori ini adalah fokus pada hal-hal penting. Jadi, terlalu banyak kekacauan atau ketidakteraturan pada desain amplop Anda tidak akan menjadi alat pemasaran yang efektif.
Desain tutup dan bagian dalam – Semata-mata untuk tujuan desain, manfaatkan ruang kosong di bagian belakang amplop dengan desain Anda untuk membuat alat pemasaran yang membedakan Anda dari yang lain.
Karena kreativitas Anda akan dibatasi oleh peraturan kantor pos atau jika Anda menginginkan tampilan yang lebih korporat untuk amplop Anda, Anda dapat mengikuti kiat-kiat ini untuk membantu Anda memaksimalkan desain amplop Anda untuk pemasaran.
Sertakan salinan yang menarik – Gunakan sisi emosional manusia (keamanan, keinginan untuk kecantikan, dll.) dan ubah menjadi kata-kata yang persuasif untuk menarik perhatian penerima. Dengan menggunakan kata-kata yang tepat, anda bisa membuat salinan copywriting yang efektif. Kata-kata Anda dapat membantu mengarahkan pembaca Anda melakukan apa yang Anda mau mereka lakukan.
Tunjukkan manfaat – Jelaskan kepada penerima Anda insentif mengapa mereka harus membaca surat Anda. Karena yang penting bukanlah apa yang bisa Anda dapatkan dari mengirimkan surat kepada mereka, tetapi apa yang bisa mereka dapatkan dari surat dan bisnis Anda.
Tunjukkan ajakan bertindak yang jelas – Sementara menunjukkan manfaat seharusnya menarik penerima untuk melihat amplop lebih dekat, ajakan bertindak seharusnya mendorong mereka untuk membuka amplop dan membaca surat itu. Juga masukkan rasa urgensi sehingga mereka segera membacanya. Anda akan terkejut karena sebuah kata-kata simpel “Baca lebih lanjut di dalam…SEKARANG!” dapat membuat perbedaan besar pada pemasaran amplop Anda.
Namun, sebelum mendesain, Anda perlu mengikuti panduan untuk menghindari kesalahan dalam desain amplop Anda. Anda dapat mengunduh template amplop kosong gratis dengan ukuran dan format berkas pilihan Anda (.JPG, .PSD, .AI). Pastikan elemen desain penting amplop Anda berada dalam garis potong atau bleed untuk memastikannya tidak terpotong setelah dicetak. Menggunakan template juga meminimalkan kesalahan, atau bahkan bisa sepenuhnya menghilangkan kemungkinan kesalahan non-teknis yang mungkin muncul saat mencetak amplop Anda.
Terapkan kiat-kiat ini setelah Anda mencetak amplop full color di Famous Printing! Tersedia dalam tujuh ukuran berbeda, amplop kami dicetak pada kertas offset seberat 70 lb dan Classic Crest seberat 24 lb untuk memberikan tampilan yang elegan dan profesional.