Toko buku tradisional memang sudah tidak seperti dulu karena buku elektronik perlahan menggantikan industri percetakan buku. Pembaca buku elektronik telah mengubah kebiasaan membaca masyarakat. Namun, toko buku selalu punya tempat di pasaran. Tidak ada tablet atau e-reader yang dapat mengalahkan aroma membuka buku baru yang baru saja terbit.
Apakah Anda mengelola toko buku lokal? Berikut adalah kiat pemasaran toko buku untuk membangun bisnis Anda di lanskap digital yang terus berubah ini.
Adakan pertemuan klub buku
Siapkan lembar pendaftaran di toko buku Anda dimana klub-klub buku dapat menjadwalkan diskusi buku tentang karya sastra pilihan mereka untuk minggu atau bulan tersebut. Jika toko buku Anda terlalu sempit, jadwalkan pertemuan di malam hari saat toko Anda tutup. Dengan cara ini, orang-orang dapat menikmati pertemuan tanpa perlu khawatir tentang pelanggan yang datang dan pergi dari toko.
Selain itu Anda juga dapat mengambil inisiatif sendiri di sini dan membiarkan toko buku Anda menjadi pusat perhatian. Tingkatkan kesadaran masyarakat Anda terhadap sastra dengan membuat klub buku berdasarkan jenis buku yang tersedia di toko Anda. .
Buat kedai kopi
Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Queensland mengungkapkan bahwa kafein meningkatkan kemungkinan orang mengubah pandangan mereka terhadap isu-isu tertentu. Dengan mendirikan kedai kopi di samping toko buku Anda, Anda meningkatkan kemungkinan orang mempertimbangkan untuk membeli buku dari rak Anda.
Dari sudut pandang praktis, kedai kopi juga memberi pelanggan Anda tempat untuk duduk, bersantai, dan menikmati buku-buku baru yang dibeli dari Anda.
Perkuat Online Presence
Bisnis yang sukses mempertahankan kehadiran mereka melalui berbagai saluran komunikasi. Mengintegrasikan kampanye pemasaran cetak Anda dengan media sosial adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan audiens Anda.
Di antara jaringan media sosial yang tersedia, Facebook bisa dibilang situs paling serbaguna yang dapat Anda gunakan. Saat Anda membuat halaman Facebook, Anda diberikan serangkaian kategori. Pilih satu kategori yang sesuai dengan halaman Anda dan Facebook secara otomatis menyesuaikan tata letaknya untuk Anda. Anda kemudian dapat menyesuaikan tampilannya dengan gambar profil dan foto sampul Anda sendiri, serta informasi bisnis Anda.
Membuat konten mudah dilakukan dengan halaman Facebook. Anda dapat menulis siaran pers atau entri jurnal tentang toko buku Anda menggunakan aplikasi Notes, lengkap dengan format yang bagus untuk foto dan font yang mudah dibaca. Posting di wall memberi Anda kesempatan untuk memposting updates dan pesan yang lebih pendek yang dapat dilihat oleh pengikut halaman Anda. Anda bahkan dapat mengadakan kontes media sosial seperti undian berhadiah bagi pengikut yang beruntung untuk memenangkan hadiah buku yang menarik.
Pemasaran media sosial dapat membingungkan bagi pemula karena banyaknya pilihan, tapi sangat sayang untuk dilewatkan, terutama di era medsos seperti sekarang ini.
Berikan penanda buku gratis kepada pelanggan
Penanda / pembatas buku lebih dari sekadar alat menandai halaman terakhir anda membaca buku, atau hal-hal yang mempunyai info penting. Ketika didesain dengan menampilkan merek Anda dan dicetak pada kertas berkualitas tinggi, penanda buku menjadi alat pemasaran toko buku yang efektif.
Yang menarik dari penanda / pembatas buku ini adalah penanda buku akan selalu digunakan terlepas dari apapun buku yang dibaca orang. Karena semua penanda buku memiliki kegunaan praktis, pelanggan menggunakannya hingga akhirnya rusak. Ini berarti bahwa desain pembatas buku, yang menyertakan logo dan merek Anda, terus terlihat dan mengingatkan orang tentang toko buku Anda setiap saat.