Tanggal 22 April, yang dikenal sebagai Hari Bumi, merupakan puncak perayaan selama seminggu yang diadakan di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi terhadap Bumi. Ini merupakan kesempatan bagi para pemilik bisnis untuk tidak hanya menyelenggarakan acara untuk mempromosikan bisnis mereka masing-masing, tetapi juga untuk memperluas target pasar dan mengembangkan basis pelanggan mereka.
Jika Anda seorang pemilik usaha kecil, memanfaatkan upaya pemasaran Anda pada hari besar seperti Hari Bumi dapat membantu Anda memaksimalkan keuntungan dari biasanya.
Berikut adalah panduan lima langkah tentang cara mengembangkan rencana pemasaran jangka pendek untuk kampanye apa pun bagi bisnis kecil.
Langkah 1: Tentukan tujuan Anda
Apa sebenarnya yang ingin Anda capai dengan kampanye Anda? Satu kampanye untuk hari libur tertentu dapat menghasilkan lebih dari satu hasil. Mengikuti contoh Hari Bumi, menyelenggarakan acara dapat meningkatkan penjualan Anda, mengaitkan merek Anda dengan industri hijau (ramah lingkungan), mengelompokkan pasar Anda, atau memperoleh keuntungan darinya.
Dalam mengembangkan rencana pemasaran jangka pendek, tentukan tujuan utama dan sub-tujuan Anda; ini akan digunakan sebagai metrik untuk mengevaluasi efektivitas kampanye Anda.
Misalnya, Anda menjalankan perusahaan percetakan online kecil yang menggunakan tinta berbahan dasar kedelai dan kertas daur ulang untuk mempromosikan alternatif yang ramah lingkungan. Mengingat sumber daya yang Anda gunakan dalam bisnis, Anda tentu ingin membuat kampanye pemasaran pada Hari Bumi untuk tidak hanya meningkatkan pendapatan, tetapi juga membangun merek Anda sebagai bisnis yang ramah lingkungan.
Berikut adalah contoh tujuan utama dan sub-tujuan Anda:
Sasaran
Mempromosikan merek sebagai bisnis yang “ramah lingkungan” dan membangun kedekatan dengan organisasi dan komunitas yang mempromosikan praktik ramah lingkungan.
Sub-tujuan
- Mendapatkan keuntungan dari pasar yang memiliki afinitas tinggi dan aktif berpartisipasi dalam gerakan penyelamatan bumi serta upaya peningkatan kesadaran.
- Dapatkan promosi gratis dari organisasi dan kelompok yang menganjurkan gerakan selamatkan bumi.
- Meningkatkan laba hingga 5% dalam kuartal selama dan setelah kampanye.
Sub-sasaran biasanya merupakan hasil sampingan dari pencapaian sasaran utama Anda. Itulah sebabnya Anda harus memilih sasaran utama dengan hati-hati karena sasaran ini akan menentukan arah seluruh rencana pemasaran Anda.
Langkah 2: Ketahui pasar Anda
Dengan mengetahui target pasar Anda, Anda dapat menyesuaikan langkah pemasaran Anda menurut kepribadian, keinginan, aspirasi, dan minat mereka.
Menentukan target pasar Anda melibatkan penentuan dua aspek: demografi dan psikografis .
Demografi adalah karakteristik statistik terkini dari suatu populasi – bisa berupa usia, jenis kelamin, status perkawinan, lokasi geografis, golongan pendapatan, dan/atau apa pun yang empiris atau terukur tentang suatu populasi. Di sisi lain, psikografi adalah karakteristik psikologis umum suatu populasi seperti gaya hidup, hobi, mode, dan pola pikir lain dari demografi tertentu.
Bagian ini bisa jadi agak rumit karena, sebagai sebuah merek, Anda sudah memiliki target pasar yang spesifik. Namun, karena Anda membuat kampanye untuk sebuah acara dengan target audiens tertentu, Anda mungkin harus membuat penyesuaian tertentu terkait hal yang mendefinisikan target pasar Anda.
Ambil contoh pernyataan target pasar perusahaan percetakan online Anda di bawah ini:
“Perusahaan Percetakan Online X terutama menyasar usaha kecil lokal – usaha yang baru berdiri hingga 10 tahun dan memiliki pendapatan kecil hingga menengah. Mereka berorientasi pada laba dan menggunakan pemasaran di balik layar untuk mempromosikan usaha mereka, selain itu mereka juga selalu membutuhkan bahan cetak.”
Untuk kampanye Anda, Anda mungkin harus mengubah pernyataan target pasar Anda menjadi ini:
“Kampanye Hari Bumi Perusahaan Percetakan Online X menargetkan usaha kecil setempat, organisasi nirlaba, dan individu yang mengadvokasi penyebaran kesadaran dan mendidik masyarakat tentang penyelamatan bumi. Mereka mengambil bagian dalam gerakan untuk mempromosikan alternatif dan langkah-langkah yang ramah lingkungan untuk membantu melestarikan sumber daya alam kita. Mereka memiliki kedekatan yang kuat dengan bumi dan alam, dan berdedikasi untuk menjadikan bumi sebagai tempat yang lebih baik untuk ditinggali.”
Langkah 3: Mengembangkan strategi dan taktik
Ini adalah bagian di mana Anda mengembangkan tema dan mekanisme untuk kampanye Anda sesuai dengan tujuan dan target pasar Anda.
Ini terdiri dari tiga langkah:
- Rumuskan tema yang berkesan atau judul yang menarik yang paling menggambarkan kampanye Anda.
- Identifikasi strategi Anda. Metode apa yang akan Anda gunakan dalam mengomunikasikan produk dan pesan kampanye Anda? Apakah Anda akan menyelenggarakan kampanye edukasi atau kampanye kesadaran aktif? Pikirkan acara atau promo yang mungkin berlaku untuk target pasar dan produk/layanan Anda yang dapat mencapai tujuan Anda.
- Tetapkan taktik Anda. Ini adalah aktivitas yang ingin Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda. Berikut adalah contoh judul dan strategi serta taktik untuk pemasaran perusahaan percetakan online.
Judul Kampanye: thINK green!
Strategi: Memberikan Edukasi
Taktik: Alternatif Ramah Lingkungan dan Proyek Daur Ulang Komunitas Simposium – seminar tentang solusi ramah lingkungan untuk masalah umum di rumah dan aktivitas daur ulang yang dapat dikerjakan bersama oleh komunitas.
Strategi: Kontes Promosi
Taktik : “Cetak Hijau dan Menang!” – Kontes desain untuk desainer amatir.
Strategi: Proyek Komunitas yang Membangun Kesadaran Lingkungan
Taktik: “Beli Pohon dan Cetak Gratis” – Proyek penanaman pohon di mana Anda dapat membeli pohon untuk ditanam di taman ekologi setempat dan Anda akan mendapatkan cetak kartu nama secara gratis.
Strategi: Penggalangan Dana
Taktik: “sINKronize” – Sebuah konser di mana sebagian uang yang terkumpul akan diberikan kepada organisasi nirlaba yang menjual sebagian besar tiket.
Judul kampanye “Think green” tidak terlalu menarik jika Anda mendengarnya. Namun jika Anda dapat melihat cara penulisannya dan desainnya, “INK” ditulis sedemikian rupa sehingga menonjol – menghubungkan kampanye dengan bisnis Anda sebagai perusahaan percetakan.
Setiap taktik harus memiliki mekanisme yang akan mengatur pelaksanaannya. Mekanisme tersebut harus berisi panduan atau instruksi langkah demi langkah tentang cara menjalankan acara atau promo. Bekerja sama dengan komunitas lokal dan bisnis kecil lainnya untuk mendapatkan sponsor bagi kampanye Anda memungkinkan Anda dan mitra Anda untuk mendapatkan promosi media.
Langkah 4: Alokasi anggaran
Uraikan semua hal yang memerlukan anggaran (atau yang melibatkan penggunaan uang) mulai dari tenaga kerja hingga agunan. Buat daftar semua hal yang perlu dibeli atau layanan apa pun yang perlu dibayar.
Agar lebih mudah, lakukan sesuai strategi. Lihat contoh di bawah ini tentang cara membagi pengeluaran Anda:
Alokasi Anggaran untuk Memberikan Edukasi Masyarakat
“Seminar Alternatif Ramah Lingkungan dan Proyek Daur Ulang Komunitas” – Seminar tentang solusi ramah lingkungan untuk masalah umum di rumah dan kegiatan daur ulang yang dapat dikerjakan bersama oleh komunitas.
Langkah 5: Promosikan kampanye
Rencanakan cara strategis untuk memasarkan acara Anda setidaknya dua minggu sebelum acara sebenarnya.
Misalnya, Anda dapat membagikan brosur di mal terdekat dan mungkin di luar lingkungan sekolah jika Anda berencana mengadakan penggalangan dana atau konser. Jika ini adalah kegiatan edukasi untuk masyarakat, Anda dapat memasang poster di buletin asosiasi pemilik rumah atau berbicara dengan pejabat masyarakat untuk membantu Anda mempromosikan acara Anda. Strategi pemasaran di balik layar lainnya yang digunakan sebagai pendorong termasuk pesan teks berantai dan promosi dari mulut ke mulut.
Setelah Anda menyelesaikan rencana komunikasi pemasaran jangka pendek, pastikan untuk meninjaunya dan memastikan Anda telah mencakup semuanya.
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan
- Rencana pemasaran memberikan arahan pada suatu kampanye dan ukuran yang jelas untuk mengevaluasi keberhasilannya. Hal ini penting dalam bisnis apa pun sehingga Anda dapat secara efektif menyeimbangkan tingkat ROI, laba, dan keberhasilan branding.
- Langkah-langkah ini dapat diterapkan pada jenis hari libur apa pun yang berlaku untuk bisnis Anda.
- Meskipun menyewa penyelenggara acara pihak ketiga (EO) mungkin ideal, hal itu tidak akan layak dan hemat biaya jika Anda bekerja dengan anggaran terbatas. Langkah-langkah ini akan membantu Anda dengan strategi yang diperlukan untuk diterapkan dalam upaya pemasaran bisnis Anda dan memungkinkan Anda untuk memaksimalkan sumber daya Anda.