5 Tips Penting untuk Pemasaran Kartu Ucapan Liburan yang Efektif

Kuartal terakhir tahun ini mungkin merupakan waktu untuk merayakan hari raya, tetapi bagi seorang profesional dalam bidang marketing, ini adalah salah satu musim yang paling penting untuk promosi. Bahkan kampanye promosi terkecil sekalipun selama musim ini dapat menjadi dorongan besar bagi perusahaan Anda di tahun mendatang. Hal-hal kecil bisa sangat berarti, seperti kartu liburan!

Kartu liburan memberikan kesempatan untuk memperkuat hubungan pelanggan Anda. Karena bersifat pribadi, kartu ucapan Natal adalah cara Anda untuk menunjukkan penghargaan Anda kepada pelanggan.

Selain itu, pemasaran kartu liburan dapat memberikan dorongan promosi yang sangat dibutuhkan selama hari raya. Musim liburan natal adalah musim belanja besar-besaran di mana konsumen lebih bersedia berbelanja dibandingkan biasanya. Dengan kartu ucapan, Anda dapat memberi tahu orang-orang tentang kampanye pemasaran dan promosi liburan Anda.

Jika Anda berencana mengirim kartu musim ini, berikut beberapa tips pemasaran kartu liburan yang perlu Anda ketahui.

1. Gunakan yang tradisional, bukan digital.

Saya tahu kita berada di era digital dan kemajuan teknologi telah memungkinkan kita untuk menghilangkan jarak di antara kita. Internet menghubungkan kita dengan cara yang memungkinkan, dalam sepersekian detik, mengirim pesan ke mana saja, dari mana saja di dunia, dan bahkan lebih jauh lagi. Maka masuk akal jika kartu Natal perusahaan dapat dikirim secara virtual, bukan?

Tentu. Namun ini bukanlah pertanyaan, “Bisakah kita?” melainkan, “Haruskah kita?”

Secara alami, mengirim kartu ucapan bersifat personal dan mengirimkan e-card justru merusak aspek personal tersebut. Kartu e-card yang dikirim lewat email memang nyaman dan terjangkau (gratis jika Anda tahu desain grafis) tetapi kartu tersebut tidak memiliki dampak pribadi dan nyata seperti yang dimiliki kartu kertas. Mereka bahkan berpeluang ditandai sebagai spam. Mengirim kartu ucapan liburan secara fisik memang memerlukan sedikit usaha, dan usaha sangat berarti bagi penerimanya.

2. Bersikaplah pribadi.

Sekali lagi, salah satu kemudahan teknologi modern adalah kemampuan untuk mencetak pesan Anda pada sekumpulan karu, tidak peduli berapapun panjangnya. Printer modern bahkan memiliki pencetakan data variabel di mana Anda dapat mengubah satu bagian pesan Anda (seperti nama) pada setiap kartu. Tentu saja Anda harus memanfaatkannya.

Namun, pastikan juga untuk menyertakan pesan personal singkat di kartu Anda untuk memberikan kesan pribadi. Hal-hal seperti “Hai Vanessa, kami menghargai berbisnis dengan Anda. Semoga di tahun baru mendatang kita dapat terus bekerjasama” sangat efektif dalam membangun hubungan pelanggan.

3. Kualitas Kartu berbicara tentang Anda.

Kesan pertama akan bertahan lama. Apa hal pertama yang akan dilihat penerima tentang kartu Anda? Yang pertama adalah desain dan yang kedua adalah kualitas kartu Anda.

Soalnya, pemasaran kartu liburan sudah menjadi salah satu promosi termurah dan hemat biaya yang bisa Anda gunakan untuk musim ini. Jangan korbankan kualitas dengan memilih opsi yang paling murah.

Pekerjakan seorang desainer grafis yang relatif bagus daripada yang sekedar bisa desain seadanya saja dari situs-situs freelancer. Banyak dari situs-situs ini menggunakan materi plagiat yang mungkin akan menghantui Anda di masa depan jika ditemukan.

Selain itu, pastikan untuk mencetak pada stok kartu dengan kualitas terbaik. Ini adalah kartu liburan yang akan Anda kirimkan ke pelanggan Anda sehingga harus cukup tahan lama agar tidak rusak pada proses pengiriman. Tanyakan kepada penyedia layanan percetakan Anda tentang opsi apa yang cocok untuk kampanye marketing yang Anda lakukan.

4. Peka terhadap penerima Anda.

Sebagai sebuah bisnis, Anda mewakili merek secara keseluruhan. Anda tidak ingin menyinggung perasaan religius dan selera humor pelanggan Anda. Banyak bisnis telah melakukan kecerobohan pemasaran dengan mengambil keuntungan dari hari libur dan peringatan-peringatan yang ada, dengan meninggalkan postingan, tweet, dan email yang telah menyinggung orang-orang setelahnya. Jangan ikuti jejak mereka.

Buat kartu generik dan sekuler dengan desain menarik. Tetaplah dengan “Selamat Liburan!” sebanyak mungkin. Saya sangat merekomendasikan menggunakan baris-baris dari lagu Natal klasik.

5. Kirimkan kartu liburan Anda lebih awal.

Ini awal bulan November, jadi sebaiknya selesaikan desain kartu Anda sekarang juga agar siap dikirim ke pihak percetakan Famous Printing kami. Jangan menunggu sampai menit terakhir atau kartu Anda akan terasa dan terlihat dibuat dengan terburu-buru. Bagaimanapun, musim liburan adalah waktu yang sensitif dan Anda memerlukan waktu yang tepat untuk mendapatkan dampak yang maksimal. Catat waktu rata-rata yang diperlukan mulai dari saat Anda mengirimkannya hingga saat pelanggan Anda menerimanya juga.