Banyak pebisnis pemula meremehkan arti sebuah warna kemasan bagi penjualan produknya. Padahal menurut studi warna memegang pengaruh yang cukup besar dalam kesuksesan penjualan suatu produk. Menurut studi tersebut juga, estetika desain serta warna kemasan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian dari pelanggan. Bukan hanya itu saja, warna juga sering diidentikkan dengan suatu brand tertentu.
Inilah yang menjadi alasan mengapa beberapa produsen makanan tertentu menginginkan kemasan makanannya menggunakan warna tertentu. Tidak lain dan tidak bukan tujuannya adalah menanamkan di alam bawah sadar pembelinya tentang brand produk mereka, melalui warna tertentu yang digunakan pada kemasan produknya.

1. Warna Merah
Merah merupakan warna yang sangat dominan. Sifatnya yang menonjol membuat kemasan dengan warna merah mengundang mata kita untuk melihatnya. Arti warnanya sendiri melambangkan gairah dan semangat, karena itu biasanya makanan yang dibungkus dengan kemasan warna merah mampu membangkitkan nafsu makan pembelinya.
2. Warna Kuning
Warna ini adalah warna kedua yang sering dipakai sebagai warna kemasan makanan. Arti warna kuning sendiri adalah ceria dan fun. Karena itu warna kuning paling sering dipakai untuk kemasan produk makanan yang menargetkan anak-anak. Produk makanan yang memakai warna kuning, contohnya adalah susu dancow.
3. Warna Oranye
Warna ini merupakan perpaduan warna merah dan kuning. Karena itu makna dari warna oranye sendiri adalah penggabungan dari makna kedua warna tadi. Warna orange cenderung memacu kreativitas dan semangat anak muda. Biasanya juga memberi kesan segar seperti jeruk jika dijadikan kemasan minuman ataupun kemasan snack dengan rasa jeruk.
4. Warna Merah muda
Warna ini menggambarkan kelembutan dan sisi feminim seorang wanita. Selain itu warna ini juga menggambarkan kasih sayang. Itulah sebabnya kemasan produk yang menggunakan warna merah muda cenderung menyasar kaum wanita. Produk-produk yang pakai warna merah muda contohnya pembalut ataupun cokelat. Keduanya sama-sama menampilkan sisi feminin dan kasih sayang bukan?
5. Warna Hijau
Makna dari warna hijau adalah kesegaran, ketenangan dan juga tumbuh-tumbuhan. Itu sebabnya warna hijau ini banyak digunakan untuk produk obat herbal ataupun produk-produk yang berkaitan dengan pertanian dan peternakan. Jadi anda akan mudah menemui kemasan warna hijau pada produk-produk makanan dan minuman dengan rasa green tea, rumput laut, dan juga makanan-makanan organik lainnya.
6. Warna Biru
Makna warna biru ini cukup luas sehingga bisa dipakai pada berbagai macam jenis produk. Pada produk minuman, warna ini juga sering dipakai karena menggambarkan laut yang berarti kesegaran. Pada produk makanan, mungkin makanan yang berbasis seafood juga sering memakai kemasan warna biru. Selain itu warna ini juga dapat menimbulkan kesan wibawa dan kepercayaan sehingga sering dipakai pada produk-produk kaum pria, seperti produk susu khusus pria.
Setelah mengetahui arti dari warna-warna kemasan yang populer, anda tentunya bisa lebih mudah mengidentifikasi warna apa yang cocok untuk produk yang hendak anda jual. Pertimbangkan karakter dari produk tersebut serta target pasar yang hendak dibidik oleh produk anda, apakah anak-anak atau laki-laki atau perempuan, dan lain sebagainya. Jangan sembarangan lagi ya, karena pemilihan warna kemasan sangat mempengaruhi penjualan produk anda.