Pemasaran acara / event dimulai dengan menjawab lima pertanyaan dasar yang akan ditanyakan oleh setiap peserta: siapa (Who), apa (What), di mana (Where), kapan (When), dan mengapa (Why)? Brosur yang dirancang dengan baik dapat menawarkan semua informasi ini (dan banyak lagi) dalam format yang ringkas dan mudah dipahami. Bagian yang sulit adalah mencari tahu apa yang ingin Anda katakan dan bagaimana mengatakannya dalam kata-kata sesedikit mungkin sambil tetap mengirimkan pesan yang jelas kepada calon tamu Anda.
Setelah Anda mencatat jawaban Anda untuk “lima W”, Anda mungkin merasa masih memiliki terlalu banyak hal untuk dikatakan dan terlalu sedikit ruang untuk mengatakannya. Namun, dengan beberapa pengeditan yang cermat dan elemen desain yang sesuai, Anda dapat membuat brosur pemasaran yang efektif untuk acara Anda. Berikut adalah beberapa kiat tentang cara menjawab setiap W.
Siapa: Ada banyak jawaban untuk pertanyaan ini, tergantung pada jenis acara yang Anda adakan. Bahkan mungkin ada lebih dari satu “siapa”. Di sinilah ukuran font dapat berguna. Pertimbangkan saja audiens Anda dan siapa yang paling mungkin mereka kenali (contoh undang pejabat/artis), tuliskan nama mereka dalam huruf besar, dan gunakan ukuran huruf yang lebih kecil untuk nama-nama yang penting, tetapi bukan yang utama. Dan, jika sebuah nama tidak berbicara sendiri, kemungkinan besar nama itu tidak layak dicantumkan pada selebaran. Simpan itu untuk undangan online atau format yang lebih besar.
Apa: Acara Anda mungkin sesuai dengan beberapa kategori standar, tetapi untuk membuatnya lebih menarik, buatlah deskriptif (terutama jika ada kualitas unik tertentu yang ingin Anda tonjolkan). Alih-alih “pesta outdoor”, sebut saja “malam di bawah bintang-bintang”, “pesta malam”, atau “barbekyu tengah malam”. Munculkan sudut pandang kreatif pada “apa” akan menambah kesan misterius dan menarik pada rencana Anda.
Di mana: Buat ini tetap sederhana dan lugas. Jika Anda berada di area metro dan hanya mengundang tamu lokal, Anda mungkin cukup mencantumkan alamat jalan (tanpa kota atau negara bagian). Namun, jika lokasinya agak jauh dari jalan utama, cantumkan nomor telepon atau lokasi web tempat pengguna dapat menemukan petunjuk arah, atau jelaskan tempat bersejarah untuk membantu wisatawan yang tersesat.
Kapan: Sekali lagi, informasi ini tidak perlu dilebih-lebihkan. Waktu mulai dan berakhir yang sederhana sangat ideal karena tidak akan menimbulkan kebingungan. Pastikan untuk memberi tahu tamu jika ada acara tertentu yang dimulai pada waktu tertentu, sehingga mereka tidak ketinggalan.
Mengapa: Ada banyak cara untuk menjawab “mengapa?”, dan beberapa diantaranya hadir dalam bentuk desain grafis sederhana dengan elemen yang dipahami secara universal. Lilin dan kue menandakan bahwa itu adalah pesta ulang tahun seseorang; gambar abstrak mungkin menandakan malam klub; dan warna merah, putih & biru memberi tahu semua orang bahwa itu adalah pesta patriotik. Jika Anda benar-benar ingin menyampaikan alasan / tujuan acara Anda (misalnya, jika itu adalah pesta amal khusus), sampaikan dengan salinan yang ringkas dan gambar pendukung.
Ingatlah kiat-kiat ini saat menyusun brosur acara Anda berikutnya. Jangan lupa hubungi kami Famousprinting.id untuk mencetak materi pemasaran dari event Anda. Kami siap melayani!