Cetak Packaging Custom Menggunakan Kardus | Kelebihan dan Keunggulannya

Ketika kamu hendak membeli sebuah produk, kira-kira apa yang menjadi alasan kamu membeli produk tersebut, kualitas produknya ataukah mungkin keunikan dari kemasan produk tersebut? Saya rasa jawaban anda pasti kualitas produknya. Tapi andai saja anda ditawarkan 2 produk dengan merk berbeda tapi dengan fungsi yang sama, sementara merk-merk tersebut tidak familiar di telinga anda, kira-kira anda pilih yang kemasannya sederhana, atau kemasan yang unik dan bagus? Kali ini pastinya anda memilih yang kemasannya bagus, bukan?

Nah sayangnya banyak pelaku bisnis di Indonesia yang kurang paham pentingnya kemasan produk dalam meningkatkan penjualan. Mereka sangat fokus pada kualitas produk yang dihasilkan, tapi lupa kalau ada faktor-faktor lain yang juga perlu mendapat perhatian. Desain packaging atau kemasan produk sangat-sangat membantu dalam branding, terutama jika produk yang dijual masih baru atau belum terkenal. Bahkan berdasarkan hasil penelitian Pelican Communications, packaging yang bagus mampu mempengaruhi keputusan calon konsumen dalam membeli suatu produk sampai dengan 38,5%. Wow.. ternyata pengaruhnya sebesar itu ya.

Tentunya kualitas produk tetap harus menjadi perhatian utama, karena percuma packagingnya bagus, orang terbujuk untuk membeli namun akhirnya menjadi kecewa karena kualitas produknya. Brand produknya bukannya tambah bagus, malah hancur di mata masyarakat. Tapi paling tidak dengan hasil penelitian tersebut, wawasan kita menjadi terbuka tentang pentingnya kemasan produk yang bagus dan aman. Salah satu bahan packaging atau kemasan yang sering digunakan adalah kemasan berbahan kardus.

cetak kemasan kardus

Agar anda lebih mengenal tentang packaging kardus, berikut penulis sajikan fungsi kardus sebagai kemasan produk, serta apa yang membuat kardus ini begitu digemari sebagai kemasan produk. Simak di bawah ini.

Meminimalkan terjadinya kerusakan produk

Bila produk yang anda jual cukup sensitif dalam artian rentan rusak akibat guncangan/benturan seperti barang-barang elektronik, panci, wajan, dll, menggunakan kardus sebagai pelindung produk adalah jawaban permasalahan anda. Kardus ini mempunyai bagian-bagian bergelombang yang berfungsi meredam benturan, jadi produk yang disimpan di dalamnya akan lebih aman. Tinggal tentukan saja berapa ketebalan kardus yang diperlukan untuk meredam benturan, sesuaikan dengan berat dari produk yang anda kemas di dalamnya.

Kemasan Kardus Meningkatkan Nilai Jual Produk

Jaman sekarang ini kemasan produk ikut menentukan harga jual dari produk itu sendiri. Produk yang biasa tapi dikemas dengan bagus sehingga tampak eksklusif akan menaikkan nilai jualnya. Orang tidak keberatan membayar lebih mahal untuk suatu produk eksklusif. Kita ambil contoh saja produk-produk Apple, penempatan desain yang unik dan branding eksklusif membuat harga produk-produknya juga ikut eksklusif tentunya.

Memberi kesan unik pada produk yang dipasarkan

Jika uang bukan menjadi faktor pertimbangan, kira-kira Anda lebih memilih membeli produk fashion dengan kemasan plastik biasa, atau produk yang sama dengan kemasan kardus yang eksklusif dengan brand dicetak pada kemasannya?

Ikut membantu menjaga lingkungan

Kemasan berbahan kardus juga aman buat lingkungan. Jadi dengan menggunakannya sebagai kotak kemasan produk yang Anda jual, anda ikut ambil bagian dalam pelestarian lingkungan. Perlu kalian tahu, bahan kardus mudah didaur ulang menjadi barang-barang lain yang lebih berguna. Dengan demikian, setidaknya anda tidak ikut menambah masalah limbah plastik yang sulit didaur ulang.

Setelah mengetahui fungsi-fungsi kemasan kardus cetak custom yang sudah saya uraikan di atas. Saya rasa sekarang anda akan lebih mempertimbangkan untuk membuat kemasan khusus untuk produk anda. Karena tentunya hal ini akan meningkatkan branding produk anda di mata masyarakat.