10 Tips Cara Mendesain Map Folder Custom

Tips 1

Langkah pertama dalam mendesain map custom adalah menentukan target pasar anda. Riset tentang target pasar sangatlah penting. Jika map folder tersebut ditujukan untuk persentasi dan diberikan pada direktur, manajer, ceo, dan mereka yang berada di posisi tinggi dalam manajemen, tentunya desainnya harus elegan agar menarik minat mereka. Sebaliknya jika ditujukan untuk bagian marketing dan mereka yang di posisi menengah ke bawah dalam susunan manajemen, tentunya desainnya pilih yang klasik dan fungsional saja.

Tips 2

Setelah meriset dan menentukan target pasar dari map custom yang anda ingin buat, sekarang waktunya anda memilih tema dan warna untuk map folder anda. Warna harus cocok dengan tema dari target market yang anda pilih. Corak warna adalah aspek penting dalam desain dan harus dikombinasikan dengan tepat, sehingga pesan dan kesan dapat disampaikan dengan tepat kepada klien anda. Jika ditujukan untuk mereka yang menempati posisi tinggi dalam susunan manajerial, ada baiknya gunakan warna biru yang dapat dipadukan dengan logo brand anda. Warna biru memberikan kesan profesional bagi bisnis anda.

Tips 3

Setelah menentukan warna dan tema dari map folder custom anda, saatnya menentukan layout dari map custom tersebut. Umumnya logo brand anda dicetak di depan, dengan sedikit keterangan dan pesan. Sementara di bagian belakangnya kita bisa cetak alamat bisnis anda dan keterangan-keterangan lainnya, seperti alamat social media perusahaan.

Tips 4

Tentukan software yang digunakan untuk mendesain map folder custom tersebut. Software yang umumnya digunakan adalah Adobe Ilustrator karena sudah tersedia banyak fitur di dalamnya. Selain itu, file hasil desain dengan AI juga sudah disupport oleh berbagai percetakan map.

BACA JUGA: Manfaat Cetak Map Ijazah yang Bagus

Tips 5

Sebelum memulai mendesain map folder, buat terlebih dahulu template/dieline nya. Anda bisa dengan mudah membuatnya menggunakan adobe ilustrator.

Tips 6

Mulailah mendesain map folder dengan 2 saku/kantong, gunakan fungsi layers di dalam AI. Setiap elemen yang anda tambahkan di dalam template map folder tersebut haruslah disimpan dalam bentuk layer.

Tips 7

cetak map folder custom murah
cetak map murah

Taruh logo di layer pertama. Gambar-gambar lain harus ditempatkan dalam layer-layer lain, dan semua teks sebaiknya ditempatkan dalam 1 layer, sehingga mudah diubah-ubah. Template atau dieline sebaiknya ditempatkan di layer tersendiri, sebaiknya di layer terakhir, sehingga mudah dihapus nantinya.

Tips 8

Desain map folder untuk keperluan perusahaan/kantor/bisnis haruslah penuh dengan gambar. Kalau anda mencetak map folder tersebut full color di bagian luar, maka entah gambarnya kecil-kecil atau full gambar, harganya akan tetap sama.

Tips 9

Pastikan anda mendesain tempat khusus untuk menaruh kartu nama dan saku lain untuk menaruh apapun yang hendak anda taruh di dalam map folder tersebut. Ini harus ditempatkan di layer yang berbeda karena pihak percetakan perlu tahu bagian layer mana yang merupakan saku.

Tips 10

Bagian mana yang hendak dipotong harus ditandai dengan garis merah solid. Sedangkan bagian yang hendak ditekuk/dilipat ditandai dengan garis merah titik-titik. Ini adalah standar tanda yang dikenali oleh semua percetakan. Dengan tanda-tanda ini, pihak percetakan akan lebih mudah memahami mau anda, dan juga memperkecil kemungkinan kesalahan saat mencetak map folder custom tersebut.

Setelah selesai mendesain langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah membawa hasil desain tersebut kepada percetakan map. Bila anda belum punya percetakan langganan yang anda tahu hasil cetaknya bagus, silahkan pesan cetak map custom di kami saja. Famous Printing Surabaya siap melayani kebutuhan anda.