Tips dan Alasan Cetak Map Ijazah / Rapor Yang Bagus

Kurang 2 bulan lagi menjelang kelulusan bagi insan pendidikan di berbagai tingkat, baik SD, SMP, SMA. Sementara bagi yang kuliah, umumnya kelulusan Universitas / wisuda jatuh pada bulan Agustus. Satu hal yang perlu dipersiapkan oleh institusi pendidikan di seluruh Indonesia adalah map ijazah / map rapor. Pemberian ijazah melalui map ini akan memberikan kesan formal dan profesional. Penerima ijazah ini akan merasa sangat dihargai ketika menerima map ijazah ini.

Kita tahu mereka sudah belajar bertahun-tahun untuk mendapatkan pengakuan atas hasil kerja keras mereka selama ini. Karena itu memberikan map ijazah yang bagus hanyalah salah satu bentuk apresiasi kita sebagai layanan pendidik terhadap siswa yang kita didik. Hari kelulusan / hari wisuda akan mereka kenang sepanjang umur mereka, bahkan sampai mereka tua. Karena itu kita harus memastikan hari bersejarah itu menjadi sesuatu yang memorable,yang pantas untuk dikenang. Salah satunya adalah mencetak map ijazah / rapor yang bagus dengan logo sekolah / kampus. Map ijazah yang cukup tebal dengan hot print pasti akan memberikan kesan mendalam buat penerimanya.

Selain berguna dan bermanfaat bagi penerima ijazah, penggunaan map ijazah yang bagus juga sangat bermanfaat bagi Instansi Pendidikan yang memberikannya. Apa saja manfaatnya?

cetak map murah buat ijazah / rapor

Manfaat Cetak Map Ijazah yang Bagus

Tidak seperti produk cetak lainnya yang umumnya akan dibuang juga suatu saat, map Ijazah tidak akan dibuang. Bahkan bukan hanya tidak dibuang tapi map ijazah pastinya akan disimpan dengan baik, karena isinya akan dipamerkan kepada anak cucu mereka. Bukan hanya untuk dipamerkan kepada anak cucu, saat mereka menerima ijazah tersebut, mereka juga akan memamerkannya pada keluarga dekat atau jauh, tetangga-tetangga, bahkan setiap orang yang bertamu ke rumah mereka. Hal ini disebabkan karena adalah suatu kebanggan bagi penerimanya untuk bisa menyelesaikan studi dengan baik, terutama bila mereka bersekolah di institusi pendidikan yang bergengsi.

Mengingat hal ini, tentunya kita sebagai institusi pendidikan yang memberikan ijazah / rapor tersebut, haruslah mencetaknya sebagus mungkin, karena ini adalah sarana promosi dan branding yang bagus. Bagaimana tidak bagus, map tersebut akan tetap mempromosikan sekolah atau universitas kita bukan hanya sekarang tapi bahkan sampai beberapa generasi ke depan. Tentunya anda berharap Sekolah atau Universitas anda akan tetap beroperasi puluhan tahun ke depan bukan?

Karena itu jangan sampai anda mencetak map ijazah ini asal-asalan, karena brand institusi anda taruhannya. Map ijazah yang bagus akan menandai sekolah / universitas anda sebagai institusi pendidikan yang bonafit. Hal ini pada akhirnya membuat para tetangga dan keluarga besar dari penerimanya yang dulunya tidak mengenal institusi anda, sekarang malah mempertimbangkan menyekolahkan putra-putri mereka di sekolah atau universitas anda.

Harga Cetak Map Ijazah / Rapor

Pada dasarnya harga cetak map ijazah / rapor ini tidak ada harga paten nya. Harganya akan berubah-ubah tergantung bahan yang digunakan, ketebalannya dan juga finishingnya. Semakin bagus tentunya akan semakin mahal. Saya tidak hendak menyarankan anda untuk menghabiskan semua budget wisuda hanya untuk mencetak map ijazah. Tapi paling tidak ulasan saya sebelumnya menjadi bahan pertimbangan anda dalam menentukan budget untuk map ijazah / rapor tersebut. Jangan terlalu murah sampai memberikan kesan murahan, karena kesan tersebut akan melekat pada sekolah / universitas anda.

Jadi kira-kira berapa budget untuk cetak map ijazah ini? Untuk harga cetak map ijazah dengan desain umum dan kualitas standar, anda perlu mengeluarkan dana sekitar Rp 15.000 / map. Tentunya bila anda punya budget lebih, tidak ada salahnya menggunakan bahan yang premium. Tapi paling tidak, gambaran kasar harganya sudah kami sebutkan.