“Sebuah logo… bukan sekadar merek dagang, desain, slogan, atau gambar yang mudah diingat. Ini adalah profil kepribadian yang dibuat dengan cermat dari seorang individu, institusi, perusahaan, produk atau layanan.” –Daniel Boorstin (1 Oktober 1914 – 28 Februari 2004)
Logo yang dirancang dengan cermat sangat penting jika Anda ingin bisnis Anda dianggap serius. Itulah sebabnya Anda perlu mewaspadai kesalahan besar yang sering dilakukan orang dalam desain logo mereka. Dalam postingan ini, kami melihat masalah umum yang muncul ketika logo merek Anda dibuat dan dipromosikan secara tidak benar.
Berantakan dan Rumit
Jika Anda melihat pada banyak logo-logo perusahaan besar, biasanya mereka memiliki satu kesamaan – sederhana dan lugas. Itulah sebabnya jika Anda mencoba “tampak pintar” dengan desain logo Anda, Anda berisiko membingungkan dan mengisolasi calon pelanggan Anda. Tidak peduli seberapa berbakatnya putra-putri Anda dalam menggunakan software photoshop / Adobe Ilustrator, selalu pilihlah profesional yang sudah berpengalaman untuk mendesain logo perusahaan Anda.
Penggunaan Gambar Stok
Hindari menggunakan desain yang terlihat seolah-olah diambil dari logo situs web umum. Anda mungkin menghemat sejumlah uang tetapi murahnya desain akan memperingatkan pelanggan untuk menjauhi produk murah Anda. Pelanggan suka mengasosiasikan produk/jasa dengan logo merek yang unik dan bukan gambar yang sudah digunakan berulang-ulang.
Membuatnya Terlihat Menarik Bagi Semua Orang
Akan sangat menyenangkan untuk menjadi nomer 1 bagi semua orang, tetapi sebaiknya Anda harus benar-benar berkonsentrasi untuk menjual apa yang menjadi spesialisasi Anda. Lihatlah lagi logo merek yang bagus dan Anda akan melihat bahwa logo tersebut biasanya hanya berupa satu kata, yang mengungkapkan banyak hal. Dengan kata lain, rancang logo yang sesuai dengan target audiens Anda.

Tagline yang Membosankan
Slogan adalah cara terbaik untuk menjaga logo merek Anda tetap diingat orang. Mereka juga menarik perhatian cara pelanggan potensial yang ingin Anda tarik. Pikirkan sebuah ungkapan / janji yang dapat Anda penuhi, jika tidak, itu bisa menjadi tali untuk menggantung leher perusahaan Anda suatu hari nanti!
Desain Tidak Konsisten
Gaya logo harus memberikan petunjuk bahwa bisnis Anda sedang dipromosikan. Anda dapat mendesain logo yang mengagumkan tetapi jika Anda menjual bunga, jangan gunakan hiu putih besar sebagai bonekanya. Permudahlah masyarakat memahami usaha Anda hanya cukup dengan melihat logo brand Anda. Dengan demikian kemungkinan besar Anda akan mendapati banyak dari mereka berminat membeli produk / jasa Anda.
Penggunaan Grafik Raster
Anda harus selalu menggunakan grafik vektor untuk desain logo Anda. Tampilan logo yang berpiksel saat diperbesar tidak nyaman dipandang dan memberikan kesan tidak profesional. Sementara logo dengan kualitas vektor akan terlihat luar biasa di media apa pun logo Anda ditampilkan.
Karyawan yang Salah Mewakili Merek Anda
Staf Anda adalah iklan berjalan bagi perusahaan Anda. Ini tidak berarti bahwa mereka harus berjalan-jalan dengan papan iklan yang mempromosikan merek Anda pada dada mereka. Ingatkan saja mereka bahwa mereka mempunyai tanggung jawab untuk bertindak sebagai contoh sempurna tentang bagaimana bisnis Anda berfungsi dan apa yang diperjuangkannya.
Bagaimana dengan Anda – praktik buruk apa lagi yang harus dihindari oleh desainer saat membuat logo mereka?

