Memilih Jenis Label Terbaik Untuk Produk Anda

Jenis label pakaian meliputi Label Tenun, Label Cetak, Sulaman/Bordir, Kulit, Karet/PVC, Heat Transfer Label, dan Hang tag. Jadi dengan banyaknya pilihan ini, mari kita lihat cara mudah untuk memilih mana yang terbaik untuk garmen atau produk Anda. Saat membaca dan memilih jenis label Anda, perhatikan hal-hal penting berikut: Anda harus mempertimbangkan tingkat kualitas, desain, kain atau bahan barang Anda, bagaimana label akan ditempelkan pada produk Anda, dan, tentu saja, anggaran Anda.

Label Tenun

Label tenunan dibuat sebagai satu bagian yang mulus pada alat tenun. Label tenunan adalah label berkualitas tinggi dan tahan lama yang dapat digunakan pada hampir semua barang. Mereka sangat cocok untuk produk sehari-hari atau produk berkualitas lebih tinggi karena label jadi terlihat sangat profesional. Pilihan kain yang digunakan untuk label tenun biasanya damask, semi-damask, taffeta, dan satin.

Damask – Ini adalah label tenun dengan bahan high density(kepadatan tinggi). Untuk hasil akhir yang bagus, halus, dan berkualitas tinggi, label ini sangat direkomendasikan.

Semi-Damask – Label ini juga berkualitas bagus, tetapi sedikit lebih tipis dari Damask
Satin – Label ini memiliki hasil akhir yang mengkilat, tenunannya tidak seketat dan detailnya tidak terbaca dengan jelas seperti Damask.
Taffeta – Label ini memiliki Flat Finish. Ini memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan anyaman.

Label Cetak

Jika Anda perhatikan, label cetak memiliki informasi yang dicetak langsung ke label. Label ini dapat dicetak secara termal atau digital pada kain katun atau satin. Ada juga label pakaian TPU (thermoplastic polyurethane) yang berbahan plastik lembut dan transparan. Ini memiliki tampilan dan nuansa yang unik dan banyak digunakan untuk pakaian renang di seluruh industri.

Namun, karena hanya dicetak pada bahan, informasinya tidak akan tahan lama seperti tenunan khusus dan dapat memudar walaupun dengan frekuensi penggunaan normal. Label TPU akan memberikan daya tahan yang lebih rendah daripada label cetak satin. Jika pakaian atau produk Anda “dibuat tahan lama” maka Anda menginginkan label yang tahan lama dan label cetak tidak direkomendasikan sebagai pilihan terbaik.

Sulam (Bordir)

Label bordir tidak umum digunakan pada item fashion.

Ini merupakan opsi label yang lebih murah, biasanya cocok untuk Nenek yang merajut/menjahit pakaian untuk keluarga dan tidak memerlukan label tenunan berkualitas tinggi.

Bordir adalah teknik yang digunakan untuk membuat tambalan.

Label Kulit

Kulit Asli dan Kulit Imitasi

Label kulit biasanya ditambahkan ke bagian luar pakaian atau barang. Mereka dibuat dengan kulit Asli atau kulit Sintetis dan logonya diberi efek embos, untuk efek 3D. Label kulit ini tahan lama dan unik, yang dapat membantu membedakan merek Anda dari yang lain. Namun, harganya lumayan mahal dan Anda mungkin terbatas pada elemen desain dan warna. Kulit asli akan sedikit berbeda dari satu label ke label lainnya karena unsur alam yang tidak dapat dikontrol. Jika Anda menginginkan tampilan dan warna yang lebih konsisten, label kulit sintetis mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Pilihan label kulit mana pun sangat bagus untuk barang berkualitas lebih tinggi. Anda biasanya menemukan label kulit pada barang-barang seperti jins, jaket, atau tas kulit. Mereka juga bagus untuk barang apa pun yang ingin Anda buat dengan nuansa tradisional.

Karet/PVC/Silikon

Label Karet, PVC, dan Silikon adalah alternatif unik untuk label standar dan dapat digunakan dengan cara yang mirip dengan label tenun atau hang tag atau bisa juga menjadi seperti gantungan kunci. Label karet dapat dipotong menjadi berbagai bentuk dan ukuran serta dapat dicetak dengan banyak warna. Mereka sangat tahan lama dan tahan cuaca yang bekerja dengan baik untuk pakaian luar atau peralatan berkemah. Label-label ini juga terlihat bagus jika digantung di ransel atau dompet. Mereka juga akan menjadi sentuhan yang bagus untuk produk yang mungkin dianggap “Nyentrik / Aneh”.

Heat Transfer Label

Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk menjahit label pada produk Anda, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan label Heat Transfer atau Tagless. Label ini dapat ditambahkan dengan heat press karena bahan perekat yang kuat di bagian belakang. Saat dipanaskan, perekat menjadi lengket dan label akan menempel pada produk. Label-label ini bagus ketika faktor kenyamanan menjadi faktor penting karena tidak ada label yang tergantung pada produk dan menyentuh kulit pelanggan.

Hang Tag

Hang Tag dapat digunakan sebagai label cara perawatan produk, sebagai iklan ataupun sebagai item branding. Penggunaan utamanya terutama pada toko ritel karena biasanya berisi informasi kode batang yang digunakan dalam manajemen inventaris. Dengan Hang Tag, kemungkinannya tidak terbatas. Label hang tag dapat dicetak pada kartu dan dapat dipotong menjadi hampir semua bentuk dan ukuran. Karena dicetak, gambar atau desain beresolusi tinggi pun dapat digunakan. Anda juga dapat menambahkan lebih banyak informasi pada hang tag daripada label tenun. Hang tag umumnya akan dilepas dari suatu barang sebelum digunakan oleh pengguna. Hang Tag meningkatkan kualitas keseluruhan barang apa pun.

Sekarang Anda seharusnya sudah terbiasa dengan beberapa jenis label yang dapat Anda pilih dan mudah-mudahan ini akan membantu Anda