4 Langkah Untuk Mendapatkan Desain Label Produk yang Efektif

Label pada kemasan Anda membedakan Anda dari pesaing lain dan dapat meyakinkan pelanggan untuk membeli produk Anda. Menurut penelitian “Peran Label Kemasan Produk Makanan terhadap Minat Pembelian Produk,” “pelabelan yang baik membantu konsumen untuk memilih produk yang mereka butuhkan.” Laporan tersebut menyimpulkan bahwa “kemasan yang glamor dapat menarik perhatian konsumen dan pada akhirnya membujuk mereka untuk membeli produk tersebut.” Label secara signifikan meningkatkan penjualan di dalam toko, jadi perencanaan dan investasi pada desain yang unik dan menarik sangatlah penting. Untuk membantu Anda dalam hal tersebut, berikut beberapa tips dalam membuat desain label produk yang menarik.

1. Gunakan Psikologi Warna

Warna pada label produk Anda dapat memengaruhi cara konsumen memandang merek Anda. Sebuah studi berjudul “Dampak Warna pada Pemasaran” menemukan bahwa antara 62 dan 90% penilaian konsumen didasarkan pada warna. Jadi mengapa tidak menggunakan ini untuk keuntungan desain label Anda?

Anda dapat memilih warna label secara strategis dengan efek tertentu tergantung pada tujuan Anda. Misalnya untuk menambah nafsu makan, pilihlah label berwarna merah. Jika Anda ingin menciptakan efek menenangkan, pilihlah warna biru yang menenangkan. Pilihan warna ini bahkan dapat meningkatkan mood dan mempersingkat waktu tunggu.

Lihat infografis di bawah ini untuk informasi lebih lanjut tentang psikologi warna dan mana yang paling sesuai dengan target pasar dan tujuan label Anda:

Studi ini juga menyoroti peran penting warna dalam branding. Dikatakan bahw warna memiliki dampak emosional yang kuat dan dapat dengan cepat menarik perhatian konsumen. Warna juga memiliki efek yang lebih cepat untuk mengenali kemasan dibandingkan kata-kata atau gambar.

 

2. Bentuk dan Ukuran Label

Dengan banyaknya item lain yang bersaing dengan produk Anda, Anda memerlukan label yang langsung menarik perhatian. Bentuk atau ukuran label Anda memastikan item Anda menonjol dengan cara menonjolkan desain Anda yang menarik. Memilih ukuran atau bentuk label yang tepat mungkin tampak seperti tugas yang sulit, namun berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk mengambil keputusan yang tepat:

  • Renungkan kepribadian merek Anda: Pertimbangkan esensi merek Anda dan emosi yang ingin Anda bangkitkan pada pelanggan. Pilih bentuk yang selaras dengan nilai, estetika, dan target audiens merek Anda.
  • Bedakan diri Anda dari pesaing: Analisis lanskap pengemasan di industri Anda dan identifikasi peluang untuk menonjol. Bentuk label yang unik dapat membantu produk Anda menarik perhatian dan memberi Anda keunggulan kompetitif.
  • Pertimbangkan kepraktisan: Meskipun bentuk khusus dapat menarik secara visual, pastikan bentuk tersebut tetap praktis untuk pengemasan dan pengaplikasiannya. Pertimbangkan faktor-faktor seperti ukuran produk Anda, kemudahan pelabelan, dan persyaratan peraturan apa pun.
  • Uji dan kumpulkan umpan balik: Sebelum menyelesaikan bentuk label Anda, lakukan riset pasar atau cari masukan dari calon pelanggan. Masukan mereka dapat memberikan wawasan berharga dan memastikan Anda membuat keputusan yang sesuai dengan target audiens Anda.

 

3. Berkreasilah Dengan Barcode Anda

Kita sering mengabaikan barcode label produk sampai saat kasir memindainya di konter. Namun tahukah Anda bahwa desainer Jepang telah menemukan cara unik dan kreatif untuk mendesain ulang barcode? Sejak tahun 2005, sebuah grup bernama Design Barcode telah membuat kode batang khusus yang tidak membosankan. Mereka telah mengubah garis paralel biasa menjadi desain menyenangkan seperti spageti atau air terjun yang mengalir. Anda dapat melihat contoh desain barcode yang lebih inspiratif di blog desain UCreative. Dengan menggunakan kode batang yang menyenangkan dan kreatif ini pada label Anda, pelanggan akan lebih mengingat Anda.

 

4. Pilih Bahan Label Yang Praktis dan Gunakan Finishing Yang Tepat

Saat merancang label produk, penting untuk mempertimbangkan beberapa hal untuk memastikan label tersebut menarik perhatian dan menyampaikan informasi secara efektif. Wadah memainkan peran penting dalam memilih bahan label yang tepat. Wadah yang berbeda memiliki bentuk, ukuran, dan tekstur berbeda yang memengaruhi cara label menempel dan terlihat. Akan membantu jika Anda juga memikirkan produk apa yang akan ditempeli stiker label. Jika digunakan di luar ruangan atau terkena air, bahan tahan air seperti stiker vinil putih adalah pilihan yang tepat. Sedangkan stiker kertas putih hanya dapat digunakan untuk penggunaan dalam ruangan. Terakhir, pikirkan tampilan yang diinginkan. Apakah Anda menginginkan hasil akhir yang mengkilap untuk menarik perhatian atau hasil akhir matte untuk tampilan yang halus? Bahan bertekstur dapat menambah kesan sentuhan.

 

Personalisasikan Label yang Memikat Saat Ini

desain barcode unik

Label produk sama seperti desain lainnya – detailnya penting. Saat mengerjakan desain label produk Anda, fokuslah pada elemen yang sesuai dengan kepribadian dan tujuan merek Anda. Anda juga dapat memadukan atau menata ulang tampilan aspek tertentu seperti membuat barcode yang unik dan berbeda dari yang lain. Pencetakan label custom menawarkan pilihan tanpa batas untuk warna, bentuk, ukuran, bahan, dan hasil akhir / finishing label Anda, sehingga produk Anda dapat menonjol di antara pesaing. Lihat berbagai pilihannya di Situs ini untuk mulai membuat desain label yang efektif. Dengan persiapan dan perencanaan yang matang, produk Anda akan memiliki label cantik yang menarik perhatian pelanggan dan meyakinkan mereka untuk membeli barang Anda.