Penggunaan Kertas Kraft Untuk Packaging

Membuat packaging yang bagus tentunya tidak bisa sembarangan, termasuk dalam pemilihan material bahan kertas yang digunakan. Salah satu material kertas yang populer dalam dunia pengemasan adalah kertas Kraft. Penggunaan kertas Kraft sebagai dus kemasan memang populer saat ini. Tapi kenyataannya tidak banyak orang yang mengerti seluk beluk tentang kertas kraft ini. Jika anda hendak menggunakan material kertas kraft sebagai kotak packaging produk anda, ada baiknya anda mengikuti penjelasan di bawah ini.

Seperti kertas pada umumnya, kertas kraft juga dibentuk dari bubur kertas yang sering disebut pulp Kraft. Pembuatan kertas kraft ini pertama kali dikembangkan oleh orang Jerman, Carl F. Dahl, pada tahun 1880-an. Material kertas kraft ini dapat terurai dengan alami, sehingga aman untuk lingkungan hidup. Material ini sering digunakan pada berbagai industri, utamanya difungsikan untuk packaging serta melindungi barang.

Seperti pada umumnya proses pembuatan kertas, prosesnya dimulai dengan penghancuran kayu menjadi bubur (pulp) dengan cara digiling. Yang membedakan kertas kraft dengan yang lainnya adalah, Dahl menemukan cara untuk memperkuat kertas dengan menambahkan sulfat pada prosesnya. Dahl menamai hasil penemuannya ini dengan nama kertas kraft. Kraft dalam bahasa Jerman berarti ‘kekuatan’. Itulah sebabnya kertas kraft sering dipakai sebagai bahan packaging karena jenis kertas ini tahan lama dan multifungsi.

Jenis-Jenis Kertas Kraft

Penggolongan berdasarkan warna

Ada 2 jenis Kertas Kraft yang sering digunakan sebagai material packaging, yaitu White Kraft dan Brown Kraft.

Brown Kraft

Kertas brown kraft warnanya coklat dan permukaannya halus. Warnanya tetap coklat karena tidak diproses menggunakan pemutih. Kertas kraft coklat ini terbentuk dari pulp / bubur kertas yang cukup mudah terurai. Itu sebabnya kraft coklat ini lebih ramah lingkungan, karena bahannya bio-degradadable.

White Kraft

Kertas white kraft warnanya putih dan mempunyai ketahanan yang lebih kuat bila dibandingkan dengan brown kraft. Pulp yang digunakan dalam proses pembuatannya telah melalui proses bleaching sehingga warnanya jadi putih. Kertas white kraft ini biasanya digunakan sebagai paper bag dan kertas wrapping. Selain itu white kraft yang sudah food grade juga sering digunakan menjadi kemasan produk makanan.

Penggolongan berdasarkan kualitas

Berdasarkan kualitasnya kertas kraft dibagi menjadi 3 grade. Grade 1, sering disebut juga virgin kraft atau kertas kraft alami. Bahan pembuatnya adalah 100% pulp sulfat tanpa campuran apapun dan juga tidak melalui proses bleaching. Hal ini membuatnya menjadi material terkuat dari kertas packaging yang ada sekarang ini. Kekuatan dan ketahanannya menjadikannya cocok digunakan sebagai tas belanja, paper bag, lapisan dalam karung, bagian atas dari karton ataupun kertas dus kemasan custom.

Grade 2 dari kertas kraft ini sering disebut semi virgin karena pulp sulfatnya dicampur dengan jerami padi/gandum dan rumput. Sementara kualitas yang paling rendah atau grade 3, bahan penyusunnya adalah campuran pulp sulfat dengan limbah pertanian dan kertas-kertas bekas. Industri kertas sering menyebutnya kertas kraft non-virgin.

Kalau anda tahu kardus pada umumnya yang tengahnya bolong bergelombang seperti gambar di atas, itu adalah corrugated cardboard. Bahan pembuatnya adalah kertas kraft, namun lapisan tengahnya yang bolong bergelombang, membuat kardus ini ringan sehingga tidak menambah beban dari produk yang disimpan di dalamnya. Material kardus ini dapat dicetak khusus. Seringkali dijadikan packaging alat elektronik karena sifatnya kokoh dan sanggup menahan benturan pada saat pengiriman. Bila anda melihat kardus kulkas, mesin cuci, biasanya memakai corrugated cardboard ini, dengan cetakan logo brand pada kardusnya.

Karena sifat kertas kraft yang kuat, tahan lama ini, membuatnya cocok dijadikan custom packaging dari produk-produk Anda. Bukan hanya memberikan perlindungan dari benturan, kotak kemasan berbahan kraft sekaligus menjadi cara mempromosikan brand anda. Anda cukup mencetak logo dan fitur-fitur produk anda pada kardusnya.

Jadi, tunggu apalagi!

Segera hubungi admin kami untuk membicarakan packaging seperti apa yang anda mau untuk mengemas produk anda. Kami siap membantu.

Lihat disini katalog kemasan produk yang pernah kami buat