Jika bisnis Anda terus-menerus memberikan produk dan layanan yang luar biasa tetapi hanya memiliki sedikit klien tetap, bisnis Anda akan gagal. Tanpa cukup banyak pelanggan, bisnis tidak akan menghasilkan laba yang diperlukan untuk mempertahankan biaya operasional.
Inilah alasannya mengapa mempromosikan bisnis Anda dan menjangkau klien potensial adalah wajib bagi kelangsungan hidup perusahaan atau toko Anda.
Anda dapat memulai dengan menggunakan berbagai produk cetak untuk mempromosikan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa kiat tentang apa yang perlu Anda perhatikan dan cara mengintegrasikan produk cetak sebagai bagian dari rencana pemasaran Anda:
Merek
1. Pastikan branding Anda konsisten di semua media periklanan. Warna, bentuk, dan gambar yang digunakan juga harus
mencerminkan misi dan visi perusahaan Anda.
2. Buat stiker dengan desain menarik yang konsisten dengan merek Anda sehingga orang akan terdorong untuk menempelkannya di barang milik mereka dan orang lain akan melihatnya.
3. Saat menjalankan kampanye surat pos, cetak merek Anda pada kop surat agar terlihat lebih profesional dan berwibawa.
4. Gunakan mobil atau kendaraan Anda sebagai iklan bergerak dengan menempelkan stiker bemper dengan merek perusahaan Anda tercetak di atasnya dan kendarai keliling kota agar orang-orang dapat melihatnya.
5. Luncurkan kampanye pemasaran yang terkait dengan bisnis Anda pada hari-hari besar / hari libur menggunakan kartu pos untuk meningkatkan penjualan dan pencitraan merek.
6. Daripada membagikan alat promosi biasa di atas kertas, berikan pulpen, buku catatan, dan magnet agar bisnis Anda menonjol dibanding pesaing dan pelanggan akan lebih mudah mengingatnya.
Kampanye
7. Gunakan cara lama dengan surat langsung untuk memisahkan bisnis Anda dari pesaing karena sebagian besar menjalankan kampanye pemasarannya di media sosial.
8. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan media sosial untuk tujuan melengkapi produk cetak Anda, gunakanlah dengan cermat.
9. Kirimkan kalender ke pelanggan sebelum awal tahun agar mereka bahagua
10. Kirimkan kartu ucapan kepada pelanggan Anda selama liburan dan sebarkan keceriaan.
11. Gunakan “maskot” untuk mewujudkan harapan dan impian Anda tidak hanya sebagai sebuah perusahaan, tetapi juga sebagai seseorang yang ingin memaksimalkan kehidupan dan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.
12. Buat kampanye pemasaran seputar hari libur, seperti mengadakan obral untuk menarik orang yang tidak bersekolah atau bekerja, agar mengunjungi toko Anda.
13. Ingin sesuatu yang berbeda untuk kampanye pemasaran Anda? Biarkan ide pemasaran yang unik ini membuat Anda berpikir tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.
14. Setelah pelanggan Anda melakukan transaksi, kemas produk yang dibelinya di dalam kantong kertas / paper bag dan segel menggunakan stiker dengan logo Anda di atasnya.
15. Pajang brosur full color di lokasi yang banyak dilalui orang.
16. Marketing melalui humor jika dilakukan dengan benar, dapat menjadi cara pemasaran yang efektif. Saat Anda melakukan pemasaran humor , pastikan untuk terus melontarkan sindiran dan membuat materi baru agar terus mengundang tawa.
17. Pasang spanduk di properti yang ingin Anda jual atau saat mempromosikan suatu acara di kota.
18. Gunakan pemasaran seluler untuk melengkapi iklan cetak Anda.
19. Gunakan pamflet, brosur, dan kartu pos untuk memasarkan event/acara.
20. Pamerkan berbagai lini produk Anda menggunakan katalog saat membuat panduan pembelian konsumen.
21. Selain stiker bemper, gunakan magnet pintu mobil untuk menjadikan kendaraan Anda sebagai iklan seluler yang lebih besar untuk bisnis Anda.
Desain
22. Pelajari cara menggunakan warna dalam mendesain materi cetak Anda untuk memberikan kesan abadi kepada klien target Anda.
23. Dapatkan inspirasi dengan beberapa desain kartu nama terbaik …
24. …dan desain buklet profesional yang kami publish di Internet.
25. Pelajari dasar-dasar desain menggunakan perangkat lunak penyuntingan foto sehingga Anda dapat mengawasi pembuatan logo perusahaan Anda.
26. Ciptakan desain logo yang menarik dengan memilih tata letak, jenis huruf, dan warna yang tepat untuk menonjolkan merek Anda.
27. Perbarui kartu nama Anda setiap tahun dan ubah informasi serta desain yang ditampilkan di dalamnya agar sesuai dengan perkembangan zaman.
28. Gunakan jenis huruf yang tepat untuk memberikan dampak maksimal pada materi cetak Anda bagi pelanggan. Serif dan San-Serif adalah jenis huruf yang umum digunakan dalam teks iklan karena mudah dibaca.
29. Sebelum mengirimkan desain Anda untuk dicetak, pastikan desain tersebut berada dalam garis batas template, memiliki resolusi yang benar, dan menggunakan mode warna yang benar (CMYK atau RGB) untuk memastikan hasil cetak akurat sama dengan desain di komputer.
Hubungan pelanggan
30. Tetap berhubungan dengan pelanggan Anda dan berikan mereka informasi terkini tentang promo dan acara yang diadakan oleh bisnis Anda.
31. Testimoni pelanggan harus disertakan dalam salinan iklan Anda untuk memberikan kesan autentik pada bisnis Anda.
32. Buat kartu nama sebagai insentif bagi pelanggan untuk kembali ke toko Anda dengan memberi mereka promo atau diskon pada kunjungan berikutnya.
33. Minimalkan keluhan pelanggan dan umpan balik negatif tentang bisnis Anda.
34. Tunjukkan seberapa efektif produk dan layanan Anda dengan membuat studi kasus tentang salah satu pelanggan Anda yang meraih kesuksesan besar berkat bantuan bisnis Anda.
Salinan iklan
35. Pisahkan diri Anda dari pesaing dengan menggunakan kata-kata pilihan dalam salinan iklan Anda. Pastikan itu mewakili bisnis Anda agar dapat meningkatkan penjualan.
36. Ingat dua hal ini saat menulis salinan iklan: singkat, dan kontroversial.
37. Saat menggunakan amplop sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda, ciptakan keterdesakan menggunakan salinan iklan Anda untuk mendorong orang membukanya.
Khusus bisnis
38. Bagi pemilik toko buku dan novelis, bagikan penanda buku untuk setiap buku yang terjual sehingga pelanggan Anda tidak hanya memiliki sesuatu untuk digunakan saat menyimpan halaman buku, tetapi juga mengingatkan mereka tentang merek Anda.
39. Untuk meningkatkan proses dokumentasi Anda, gunakan formulir NCR untuk membuat dokumen duplikat sehingga Anda tidak perlu menggunakan kertas karbon, menulis ulang, atau mencetak ulang dokumen.
40. Tingkatkan penjualan restoran Anda dengan bantuan table tent (menu dalam bentuk segitiga berdiri), jadi saat pelanggan menunggu pesanan mereka, mereka dapat melihat-lihat penawaran spesial yang ditawarkan di tenda meja dan memesannya nanti.
41. Tetap berhubungan dan beri kabar terbaru kepada anggota bisnis Anda dengan mengirimkan kartu pos secara berkala untuk penjualan dan promo.
42. Update pemegang saham Anda dengan memberikan laporan tahunan menggunakan lembar penjualan.
43. Jaga agar karyawan Anda tetap mengetahui perkembangan terkini di tempat kerja Anda dengan memberikan mereka buletin bulanan atau dua bulanan.
44. Fotografer harus memanfaatkan musim, terutama selama musim liburan, dan mengambil gambar pemandangan yang menakjubkan dan sejenisnya untuk dicetak sebagai kartu pos (sebagai gambar individual) atau brosur (berisi beberapa gambar) untuk diberikan kepada klien potensial.
45. Untuk restoran dengan layanan pesan antar, lengkapi menu Anda dengan desain yang bagus dan buat pelanggan terkesan dengan cara Anda menyajikan hidangan dalam bentuk kertas. Untuk pelanggan yang memesan makanan lewat pesan antar, sertakan magnet pada pesanan mereka sehingga pelanggan akan menempelkannya di pintu lemari es atau permukaan logam lainnya.
46. Gunakan booklet meja (rack card) untuk mempromosikan restoran dan tujuan wisata Anda dan pajang di hotel atau penginapan terdekat.
47. Saat menyelenggarakan acara luar ruangan, gantung spanduk vinil sehingga orang dapat melihat siapa yang mensponsori acara tersebut.
48. Bagi pemilik pusat kebugaran, berikan siswa sesuatu untuk dilakukan selama musim liburan dengan membagikan brosur yang mempromosikan pusat kebugaran Anda di tempat-tempat di dekat Anda.
49. Jasa penataan taman sebaiknya memasarkan usaha mereka dengan menempelkan tanda-tanda halaman di depan teras rumah mereka atau di area-area tertentu yang banyak dilalui orang.
50. Agen perjalanan dapat membuat brosur tujuan wisata utama selama musim tertentu untuk mendorong orang memesan tiket pesawat.
51. Wedding Organizer (WO) harus belajar cara memasarkan diri mereka menggunakan kombinasi brosur, amplop, dan kartu nama untuk menciptakan perbincangan tentang layanan mereka.
52. Sebarkan berita tentang bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan rujukan .
53. Kumpulkan umpan balik daring dari pelanggan Anda sebelumnya dan saring kritik yang membangun untuk membantu bisnis Anda meningkatkan produk dan layanannya.
54. Gunakan stempel karet untuk memudahkan anda mencatat informasi yang berulang terus menerus.
55. Bantu pelanggan Anda memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya dengan memberikan ajakan bertindak yang menarik perhatian. Ini sangat bergantung pada penempatan, ukuran, dan warnanya.
56. Bangun milis Anda secara organik dengan meminta pelanggan yang baru saja membayar di konter untuk mengisi nama, alamat fisik, dan alamat email mereka pada formulir.
57. Mereka yang mengelola teater dapat mempromosikan Film Coming Soon dengan menggunakan poster yang digantung di pintu luar teater.
58. Gunakan situs web Anda untuk menghasilkan prospek.
Saran bermanfaat lainnya
59. Jangan tertipu oleh penelitian yang dilakukan pada sampel kecil tentang produk Anda. Temuan tersebut tidak menunjukkan bagaimana dan apa yang dipikirkan mayoritas orang.
60. Menjadi seorang pemilik bisnis itu sulit, tetapi selalu fokus pada tujuan dan Anda akan berhasil.

61. Promosikan gaya hidup ramah lingkungan dengan mencetak materi cetak Anda pada kertas bersertifikat FSC. Pelanggan tertarik pada bisnis yang berupaya menyelamatkan lingkungan.
62. Akomodasikan pemasaran produk Anda ke berbagai negara, untuk menjangkau demografi yang lebih luas.

