Sejarah dan Ilmu Dibalik Kemasan Produk

Sejarah Pengemasan Barang

Dimulai dari jaman prasejarah, manusia purbapun mempunyai kebutuhan untuk membawa barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Karena itu, mereka berusaha keras untuk menemukan beberapa cara pengemasan, dan tentunya tidak terlalu rumit seperti pengemasan modern sekarang ini. Cara-cara yang digunakan sangat ortodoks misalnya mereka biasa membawa barang-barang dengan menggunakan dedaunan, yang kemudian diikat dengan tali kayu untuk menyeret barang-barang mereka. Mereka juga terbiasa mengukir batu sehingga menyerupai wadah, jelas ini merupakan tugas yang cukup sulit, dan juga sangat ‘berat’. Jadi, agar semakin baik dan efisien dalam membawa barang-barang berbagai bentuk pengemasan terus dikembangkan. Mulai dari dedaunan hingga tongkat kayu, lalu ada kulit binatang, sampai akhirnya dikembangkan wadah berbahan logam dan kotak berbahan karton.

Kemajuan di Bidang Pengemasan

Ada banyak kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dua abad terakhir. Kemajuan teknologi ini menyebabkan banyak penemuan luar biasa dalam industri pengemasan juga. Ada banyak desain-desain kemasan baru terus bermunculan karena era revolusi industri ini ditandai bersamaan ketika industri pengemasan mencapai klimaksnya. Era itu ditandai dengan revolusi besar di semua bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tujuan membuat hidup kita jauh lebih mudah. Penemuan-penemuan baru terus bermunculan, salah satunya adalah pengembangan mesin-mesin pembuat wadah dan kotak kemasan secara otomatis. Ini merupakan pengembangan teknologi yang revolusioner karena menghemat banyak waktu dan tenaga serta meningkatkan efisiensi.

Wadah logam dan beberapa opsi pengemasan lainnya termasuk kotak plastik kemudian digunakan untuk tujuan pengemasan, tetapi mereka memiliki keterbatasan sehingga para ilmuwan berharap untuk menemukan cara pengemasan yang lebih baik dan efisien. Pada tahun 1817, upaya mereka membuahkan hasil, dan mereka akhirnya menyelesaikan kemasan karton pertama yang diproduksi di Inggris. Itulah awal mula revolusi industri pengemasan saat ini. Setelah ditemukannya kotak kemasan yang terbuat dari karton atau kertas Kraft, pengiriman dan pengangkutan barang menjadi sangat mudah nyaman. Kotak yang dibuat dari karton dianggap sebagai pilihan pengemasan terbaik yang tersedia saat ini karena kemasan karton sudah mulai diproduksi masal. Aplikasi kotak karton pada berbagai bidang telah meningkat pada tingkat yang eksponensial.

baca juga: Pentingnya Desain Kemasan Produk Fashion Harus Menarik

Kotak Custom Sangat Penting

Kustomisasi adalah teknik yang telah membawa revolusi dalam dunia pengemasan karena setelah pengenalan kustomisasi, industri pengemasan telah melihat peningkatan dalam penjualan dan efisiensi bisnis mereka. Kustomisasi kemasan sebenarnya sudah diperkenalkan beberapa abad yang lalu, tetapi saat itu biaya  membuat kotak kemasan custom cukup mahal, yang mana ini merupakan kelemahan, sehingga membuat usaha kustomisasi kemasan produk tidak dihargai.

Tetapi kemudian, ketika ada kemajuan di sektor industri dan mesin-mesin baru diperkenalkan yang mengurangi keterlibatan manusia hingga tingkat minimum, peningkatan di dunia pengemasan cukup signifikan. Kotak kemasan custom dianggap sebagai salah satu penemuan terbaik dunia pengemasan karena menggunakan kotak kemasan cetak custom, Anda dapat menambahkan logo bisnis Anda yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan bentuk kotak kemasan sesuai keinginan Anda, dan Anda hanya perlu memberikan detail desain kotak yang Anda inginkan, yang kemudian akan dibuat setepat mungkin oleh pihak percetakan kemasan.

Selain itu, adanya kotak kemasan custom mengurangi biaya-biaya tambahan yang terkait dengan pengemasan produk, yang bila dikalkukasi cukup besar lo. Karena kotak kemasan custom ini didesain ekonomis, tentunya bisa menghemat pengeluaran anda, sehingga Anda dapat menjalankan keuangan bisnis Anda secara efektif dan efisien.

Pengemasan Meningkatkan Grafik Penjualan Anda

Pengemasan dianggap sebagai tulang punggung bagi banyak industri. Sebabnya adalah karena jika pengemasan produk tidak dilakukan dengan baik, maka dapat merusak produk. Tentunya ini pada akhirnya akan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi Industri tersebut. Kemasan tidak hanya melindungi barang yang dikemas di dalamnya, tetapi juga membantu bisnis dalam banyak hal lainnya. Misalnya, kemasan Anda membantu bisnis Anda berkembang dan tumbuh dengan cara yang lebih baik. Jika Anda menggunakan kemasan custom atau kemasan cetak, maka akan lebih bermanfaat bagi Anda daripada menggunakan kemasan sederhana tanpa penanda bisnis Anda sama sekali. Keuntungan yang diperoleh dari mencetak kotak kemasan custom ini secara grosir adalah harganya sangat ekonomis dan juga sangat tepat sebagai sarana periklanan. Kotak kemasan ini dapat dikustomisasi sesuai keinginan Anda karena terbuat dari karton yang sangat membantu untuk kustomisasi dan pencetakan.

Anda dapat menyesuaikan kotak kemasan produk anda ini dengan logo, deskripsi, teks, desain, tekstur, animasi, grafik, dan lain-lain, sesuai kebutuhan Anda. Dengan cetak kemasan custom maka selain bertujuan mengamankan produk yang dikemas juga bertujuan untuk mengiklankan bisnis Anda. Kemasan cetak dianggap sebagai salah satu cara yang paling baik untuk promosi brand bisnis karena sangat murah dan efisien, sehingga bisnis yang paling kecil pun dapat menerapkannya. Bahkan setelah kotak ini dibuang, logo dan brand bisnis anda masih terus dipromosikan. Anda bisa lihat kan sejauh mana keuntungannya.